Pantai Pangi, Kabupaten Blitar

Wisata pantai pangi terletak di Dusun Krajan, Desa Tumpak kepuh, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur.  Menuju kelokasi kawasan wisata pantai ini dari pusat kota Blitar jaraknya kurang lebih 40 kilometer, memerlukan waktu selama 1,5 jam perjalanan. 

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan, berkunjung ke wisata pantai yang indah dan alami ini pengunjang hanya sampai pada pintu masuk, dan selanjutnya perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 200 meter. Pengunjung tidak perlu membayar tiket atau biaya retribusi untuk memasuki kawasan pantai ini.

Pada kawasan pantai pangi,  banyak gubuk-gubuk kecil yang didirikan warga sekitar sebagai tempat parkir kendaraan serta beberapa warung. Terkadang, selain disinggahi pengunjung, warung itu juga dipakai nelayan lokal sebagai pelepas lelah.

Menuju pantai masih jalan setapak berupa hamparan tanah. Di kanan kiri terdapat ladang-ladang yang masyarakat. Sekitar 10 meter dari tempat parkir, terdapat sungai muara yang melintang memutus jalan, tanpa jembatan untuk menyeberangi sungai itu.

Kondisi sungai tdak membahayakan, lebar sungai hanya lebih kurang 10 meter, tinggi air hanya diatas mata kakiu dan arusnya tenang , pada jalur penyeberangan terdapat bebatuan yang ditata menyerupai jalan sebagai bantuan untuk melintasi sungai tersebut sehingga tidak menyusahkan bagi yang melintasinya.

Pantai pangi bentuknya mirip cekungan. Garis pantai sepanjang lebih kurang 1 kilometer menjorok ke daratan. Di kanan dan kirinya terdapat bukit dan tebing tinggi yang mengelilingi pantai tersebut. Meski berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, namun debur ombak Pantai Pangi bergulung lemah dah rendah. Hal tersebut disebabkan bukit-bukit disekitar pantai menjadi tembok alami yang memecah ganasnya ombak laut selatan

Pantai pangi ini termasuk unik, dikarenakan terdapat telaga air payau, pada telaga tersebut pengunjung dapat berendam atau sekadar membersihkan badan dari pasir pantai yang melekat di tubuh. Namun telaga ini memiliki kedalaman yang berbeda-beda dan tanahnya berlumpur.

Sumber : Pesona Blitar 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s