Wisata Gua, Provinsi Jawa Timur

Pusaka Jawatimuran, Wisata GuaWisata Gua menunggu Investor. Sepertiga kawasan Jawa Timur belahan selatan adalah kawasan karst (bentangan batuan karbonat). Tak aneh bila banyak goa dan daerah bebatuan. Tercatat ada 10 unit goa yang berkategori layak jual sebagai objek wisata. Beberapa di antaranya yang populer, Goa Tabuhan dan Goa Gong di Pacitan, Goa Lawa di Trenggalek, serta Goa Tetes di Lumajang. Begitu juga di kawasan utara sisi barat banyak daerah bukit kapur dan bebatuan yang menimbulkan goa, seperti Goa Akbar di Tuban dan Goa Maharani di Lamongan.

Meski pengertian umum tentang goa sama, namun berdasarkan jenis batuan penyusun, proses pembentukan, dan letaknya, goa alam dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Goa batu gamping merupakan lubang di dalam tanah atau di dekat permukaan tanah yang terbentuk akibat proses pelarutan pada batuan karbonat, khususnya batu gamping.
Pelarutan melalui sistem peronggaan, percelahan, dan peretakan, akan menciptakan jaringan lorong goa yang panjang, berkelok-kelok, dan bertingkat-tingkat. Seperti pada goa-goa di Kabupaten Pacitan, di antara Goa Gong dan Goa Tabuhan. Ada pula goa yang memiliki jaringan sungai bawah tanah, seperti Goa Lowo di Trenggalek.

Saat musim hujan seperti saat ini, goa sering dibanjiri air dari luar. Selain disebabkan pelarutan yang berjalan sepanjang ruang dan waktu geologi, juga dikendalikan proses peruntuhan sesar/patahan yang memotong lorong goa menyebabkan lorong goa berakhir dengan tiba-tiba, atau di dalamnya terdapat air terjun . Simak saja Goa Tetes yang indah di Lumajang. Mulut Goa Tetes selalu dibanjiri air yang mirip tumpahan air terjun. Speleolog (ahli goa) yang berhimpun dalam Himpunan Kegiatan Speleologi (HIKESPI) intensif menyelidiki aneka goa.

Pusaka Jawatimuran, Wisata Gua 2Goa dan lingkungan karst di sekitarnya memiliki tiga nilai dasar yang sangat strategis. Tiga nilai tersebut berkaitan dengan fungsi dan manfaatnya sebagai sumber daya alam hayati dan nirhayati. Pengelolaannya hanya dapat dilakukan 0leh sekelompok profesionalis yang terorganisasi, terpadu, bersifat lintas sektoral, dan multidisiplin.

Nilai Ekonomisnya
Nilai ilmiah goa dan kawasan karst berkaitan erat dengan keberadaannya sebagai sumberdaya alam hayati dan nirhayati. Hampir semua cabang ilmu pengetahuan dapat diaplikasikan. Kenyataan inilah yang menyebabkan pengelolaaannya harus didekati dari berbagai disiplin ilmu, seperti geologi, geomoriologi, hidrologi, kehutanan, dan pertanian.
Sedang nilai ekonomis goa dan kawasan karst berhubungan dengan sifatnya sebagai sumber daya mineral dan energi. Dari aspek pertambangan, tataan geologi setempat dapat menyebabkan terjadinya pemineralan emas, perak, tembaga, dan sejenisnya. Beberapa industri seperti cat, gelas, keramik, kosmetik, farmasi, dan semen, memanfaatkan batu gamping sebagai salah satu bahan baku.

Selain itu goa dan kawasan karst juga bernilai estetika, keunikan, kelangkaan dan tidak ada padanannya di tempat lain. Nilai tambah yang terakhir itu bermuatan sebagai aset dasar bidang industri pariwisata. Sementara itu hal-hal yang berkaitan dengan segala aktivitas penduduk di kawasan karst merupakan manifestasi dari nilai kemanusiaan kawasan karst dan gua.

Realitas di lapangan yang terkait dengan industri pariwisata, keberadaan goa pada umumnya belum bisa dinikmati maksimal. Wisatawan lazimnya hanya masuk goa melihat stalagtit dan stalagmit. Padahal, paket belajar menelusuri goa cukup menarik, bermuatan petualangan. Memang perlu guide yang berkualitas untuk memandu wisatawan, selain perlu ada literatur dan bimbingan penelusuran goa. Tentu perlu peralatan tertentu/khusus yang mendukung paketwisata tersebut. Misal lampu, pakaian khusus, dan peralatan pendakian. GM
——————————————————————————————-
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Jatim News, Tabloid Wisata Plus, EDISI 3o, 12 -26 Maret 2004, Tahun II

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Wisata Gua, Provinsi Jawa Timur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s