Gua Ngerong, Kabupaten Tuban

Pusaka Jawatimuran goa-ngerongKeberadaan Gua Ngerong menjadi pelengkap kebangkitan sektor pariwisata di kabupaten Tuban. Pesona dan keunikannya terdapat pada dinding-dindingnya berhias relief batu alami.

Pemerintah Kabupaten Tuban sepantasnya jika kawasan Gua Ngerong ini dipromosikan sebagai tempat tujuan wisata, untuk melengkapi kepariwisataan di Kabupaten Tuban yang telah menuangkan visi: ‘Menjadikan Kabupaten Tuban Sebagai Daerah Tujuan Wisata’  melalui Dinas Pariwisata Seni dan Budaya

Lokasi Gua Ngerong di Desa Rengel, Kec. Rengel jaraknya lebih kurang 30 km dari pusat kota, Goa dengan sungai yang mengalir ke laut ini dihuni oleh ribuan ikan yang sangat jinak dan kita dapat memegangnya apabila kita beri makan dengan biji buah pohon randu yang disebut “Klenteng” serta kelelawar, tak seorangpun berani mengusiknya, karena diyakini memiliki kekuatan yang misterius.

Keunikan lainnya di lokasi obyek wisata ini terdapat pada dasar gua, gua-gua lainnya di Jawa Timur pada umumnya berlantai batu dan tanah, tapi gua Ngerong berlantai air karena dari dalam gua terdapat sumber air yang tidak pernah berhenti mengalir meskipun pada musim kemarau.

——————————————————————————————-

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit–Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : Obyek Wisata Tuban, Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Tuban, 2005

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Gua Ngerong, Kabupaten Tuban

Leave a Reply

