Gua Lueng Jaran, Kabupaten Pacitan

Penelusuran Gua, Olah Raga Menjawab Tanda-tanda Zaman

Pusaka Jawatimuran-goa  5Penelurusan gua adalah olah raga yang sangat berbeda dibandingkan dengan kegiatan alam bebas lainnya. Jika mendaki gunung, panjat tebing, atau arung jeram hanya menguras keberanian, tapi jika penelurusan gua lebih dari itu. Selain keberanian dan keahlian khusus, Anda juga bisa mengetahui sejarah perkembangan alam ini.

Betapa tidak, di dalam gua, Anda bisa melihat pemandangan yang menakjubkan dan terasa seperti di alam yang lain. Manakala sedang berada di dalam gua, Anda bisa menyaksikan ternyata di bawah tanah juga terdapat aliran sungai, air terjun, air mancur, atau formasi batu gamping. Batu gampin ini bisa berupa stalagtit, stalagmit, dan mutiara gua (Pearl/Oolit) – yang berumur ratusan tahun.

Pusaka Jawatimuran-goa  3Jika Anada pecinta sejarah, tentu pemandangan tersebut akan menjawab tanda-tanda zaman yang selama ini belum banyak Anda ketahui. Di samping itu, Anda juga dapat menyaksikan kehidupan ribuan kelelawar yang bergantung di atas dinding gua dan binatang lain yang tidak pernah dijumpai saat di atas bumi, ruang yang besar dan ornamen yang sudah berumur ratusan tahun tentu akan menjaeli pengalaman menakjubkan.

Di Indonesia sendiri, gua yang disebut-sebut paling mengagumkan adalah Gua Lueng Jaran yang terletak di Gunung Sewu, Pacitan, Jawa Timur. Kabarnya gua tersebut sangat panjang dan bertingkat-tingkat, selain itu gua tersebut juga menjanjikan pemandangan yang spektakuler bagi mereka pecinta olah raga penelusuran gua.

Pusaka Jawatimuran goa 2Sebuah ekspedisi yang pernah dilakukan oleh kelompok Australia-Inggris berhasil memetakan gua ini dengan panjang 20 km. Hasil ini berbeda seclikit dengan pemetaan yang pernah dilakukan kelompok penelusur gua dari Universitas Gajah Mada (Mapagama) yang menunjukkan kalau gua ini mempunyai panjang 21 km. Perbedaan jarak tempuh tersebut tentu menunjukkan bahwa, olah raga penelusuran gua memang sering menghadapi berbagai kendala yang cukup sulit. “Olah raga penelusuran gua memang membutuhkan keahlian khusus.

Pusaka Jawatimuran-goa  4Selain dapat berenang, juga dibutuhkan tingkat kesabaran dan kehati-hatian yang cukup tinggi. Karena jika tidak Anda akan mengalami kesulitan di mana Anda tidak dapat menemukan jalan keluar dan akan kehabisan oksigen,” ujar Koko Soenarko yang sudah dua tahun menekuni olah raga ini. Selain Lueng Jaran, Anda juga bisa mencoba menelusuri gua Lueng Ombo. Menurut catatan yang ada, gua ini berbentuk kendi dengan diameter mulut gua sebesar 40 meter dan kedalaman 110 meter.

Anda dapat bayangkan betapa dalamanya gua ini bahkan Tugu Monas saja bisa disembunyikan di dalam gue ini. Penelusuran gua adalah olah raga yang sangat baik untuk melatih adrenalin, teknik penyelamatan diri sendiri dan teknik satu tali untuk naik dan tumn gua memang menjadi syarat utama.

Pusaka Jawatimuran goa 1Namun yang lebih penting lagi Anda harus dapat berkerjasama dengan tim saat melakukan olah raga yang penuh tantangan ini. Olah raga penuh petualangan memang banyak. Tapi, penelusuran gua berbeda dengan olah raga lainnya. Selain dapat berpetualang, Anda juga mampu menjawab tanda-tanda zaman yang sampai saat ini masih penuh tanda tanya. Mengapa demikian?

——————————————————————————————

Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Carakawala, Edisi 3/Tahun I/April 2003

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Gua Lueng Jaran, Kabupaten Pacitan

Leave a Reply

