Gua Lowo, Kabupaten Trenggalek

Wisata JawatimuranTrenggalek menyimpan poteni objek dan daya tarik wisata. Salah satunya adalah Pantai Gua Lowo, berada di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo. Objek wisata alam ini amat indah dengan stalagtit dan stalagmit. Di dalam goa ini ada sembilan ruang besar. Untuk memudahkan pengunjung menikmati keindahannya, telah dibangun sarana jembatan di dalam gua, dilengkapi dengan aliran listrik hingga terang benderang, dan ruang istirahat.

Ahli gua dari Perancis, Gilbert Manthervani dan Robert Kingstone Kho, saat mengadakan penelitian tahun 1985, menyimpulkan Gua Lowo termasuk salah satu yang terbesar di Asia. Sebelum memasuki mulut gua ini, pengunjung dapat menikmati rimbunnya pohon jati. Keberadaan jati itu selain sebagai penghijauan juga dipergunakan untuk penelitian pohon langka hutan tropis.

Tempat bermain khusus anak-anak (playground) juga tersedia di area objek wisata ini. Kondisi sarana pendukung tersebut sangat dibutuhkan demi kelestarian objek wisata itu sendiri. Di samping untuk mengurangi kejenuhan, juga dapat digunakan sebagai sarana memikat pengunjung agar datang kembali. Sehingga tercipta kawasan objek wisata yang bersifat ex situ, artinya, wisatawan tidak hanya menikmati keindahan alam, namun juga dapat melakukan kegiatan lainnya. Sekali tempo diselenggarakan acara hiburan berupa musik dangdut atau penampilan kesenian tradisional Trenggalek, seperti Jaranan Senterewe dan Turonggo Yakso.

Di kawasan objek wisata Gua Lowo tersedia pelataran parkir parkir yang luas, serta rumah makan dan warung. Tersedia juga toka-toko cinderamata khas Trenggalek. Antara lain kerajinan berupa tempat tisu atau vas bunga yang terbuat dari pelepah pohon pisang, anyaman bambu, dan batu bobos.

Tidak sulit mencapai objek dan daya tarik wisata tersebut. Jalur menuju  wilayah Kecamatan Watulimo. Dapat dijangkau dengan angkutan umum bus biasa atau pun patas. Dari Surabaya naik bus turun di Terminal Durenan, Trenggalek (176 km). Kemudian dilanjutkan dengan kendaraan minibus ke Gua Lowo sekitar 16 km.

Brosur Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Gua Lowo, Kabupaten Trenggalek

Leave a Reply

