Gua Gembul, Kabupaten Tuban

Gua Gembul

Kabupaten Tuban. Kabupaten Tuban adalah kota legendaris di jalur pantai utara (Pantura) lebih kurang 100 km dari Surabaya ke arah Barat, menyimpan banyak situs, sangat layak dikunjungi bagi wisatawan.

Keberadaan Gua Gembul menambah kebangkitan sektor pariwisata di kabupaten Tuban. Gua Gembul merupakan situs peninggalan sejarah saat kejatuahan Kerajaan Majapahit.

Gua Gembul terletak di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, barat daya kota Tuban. Menurut cerita rakyat yang beredar di masyarakat luas, dulu gua itu tempat persembunyian Brandal Lokajaya atau Raden Mas Syahid atau Sunan Kalijaga, putera Bupati Wilatikta Tuban, sewaktu masih bertingkah sebagai seorang penyamun. Cerita lain mengatakan Gua Gembul sebagai tempat berkumpul dan bermusyawarah para wali (Wali Songo).

Gua Gembul dipakai sebagai tempat berkumpulnya (markas) tentara rakyat yang dipimpin Sunan Bonang dengan panglimanya Sayyid Abdurrahman yang terkenal dengan nama Ki Ageng Ganjur leluhur Gus Dur (keterangan Gus Dur), bahwa. Ki Ageng Ganjur hidup saat Kerajaan Majapahit akan jatuh. Dulu berkumpulnya di Gembul. Ia diberi nama Ki Ageng Ganjur, konon ia menggunakan “genjur” yaitu sejenis alat gamelan untuk mengomando pasukan. Ki Ageng Ganjur ini ditunjuk sebagai panglima perang Wali Songo sebab ia paling mahir membuat jembatan. Tentara Wali Songo yang akan menyerbu Majapahit harus menyeberangi dua sungai besar, yaitu Sungai Brantas dan Bengawan Solo.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:   Tuban Bumi Wali,  Pemerintah Daerah Kabupaten Tuban, hlm.

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Gua Gembul, Kabupaten Tuban

  1. An sandjaya says:

    Kiageng genjur menurut gus dur adl kakek joko tingkir,, (seingat saya dlm salah satu tulisan di koran jawa pos pd th 2002/2003)lebih tepatnya saya lupa tahun..:D

Leave a Reply

