Lontong Kupang, Kabupaten Sidoarjo

kupang-lontong0001Cabe, bawang putih, perasan jeruk nipis, gula pasir dan petis langsung diulek di piring. Begitu akan disajikan tak lupa ditaburi brambang goreng. “Saya memakai cara tradisional saja dengan diulek atau digerus langsung di piring. Kalau diulek, semakin menambah sedap aromanya. Sekarang, banyak yang bumbunya diblender dulu supaya gak repot. Cara ini menurut saya memang praktis, tetapi aroma sedapnya hilang terbawa angin,” begitu kata Bu Kusiyah, pemilik Lontong Kupang “Podo Rejo” yang mangkal di Bursa Kupang, Gedangan, Sidoarjo, selama 13 tahun.

kupang-lontong0003kupang, sampai saat ini masih menjadi incaran bagi para pecinta kuliner makanan laut dengan  PADA hari Minggu atau libur seakan masa khusus. Sebutan kupan panen bagi mereka yang meng- gelardagangan kupang lontong di bursa kupang ini. Sebab, ke Sidoarjo tidak lengkap jika tidak menyantap menu kupang lontong. Kupang adalah sejenis kerang laut yang direbus dan dihidangkan dengan lontong. Kupang yang digunakan adalah kupang putih, atau dikenal sebagaikupang beras.

Makanan tradisional khas Sidoarjo, lontong kupang, ini merupakan olahan menu sajian seafood. Lontong yang dipadu dengan kupang, sampai saat ini masih menjadi incaran bagi para pecinta kuliner makanan laut dengan kelezatan kerang imut yang diolah khusus. Sebutan kupang adalah hewan laut sejenis kerang berbentuk kecil berukuran 3-5 milimeter sama dengan tirem.

kupang-lontong00021Habitat dari hewan ini hanya ada dan bisa dijumpai di bagian pesisir laut. Hewan kerang ini sering disebut juga kerang putih atau corbula faba (bahasa Latin), beradaptasi hidup di lumpur air asin. Untuk mendapatkannya, tentunya masih menjadi mata pencaharian para nelayan di lingkungan sekitar. Caranya cukup sederhana, yakni dengan menyabit rerumputan dan tumbuhan laut dimana kupang menempel.

Menikmati kupang lontong jadi makin pas, ditambah dengan sate kerang. Atau sebagai pelengkap hidangan kupang lontong ada juga lento singkong. Penjual kupang lontong selalu menyediakan sate kerang dengan sambal petis. Soal harga sudah pasti sangatlah murah, pasti terjangkau.

Menurut Bu Kusiyah, kupang-kupang yang dijual itu dikirim dari pusat ku­pang di Balongdowo, Candi, Sidoarjo Kupang-kupang itu sudah bersih, tinggal memasak saja. Begitu juga dengan lontong, ia tak perlu membuat lagi karena sudah ada yang mengirim. Cuma lento singkong yang membuat sendiri. “Kalau ramai seperti hari Minggu, satu hari kita bisa menjual habis kupang kira-kira9 kilogram,” katanya. Disamping es kelapa muda, dia juga menyediakan camilan yang berbahan kupang, yaitu kerupuk kupangnya.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: SAREKDA Jawa Timur, edisi: 015, 2012, hlm. 40 – 41

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Lontong Kupang, Kabupaten Sidoarjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s