Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS), Kabupaten Probolinggo

Hamparan Kaldera dengan Lima Gunung

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN-BTS)Objek wisata Gunung Bromo atau Bromo Tengger Semeru di bawah pengelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS). Objek wisata Gunung Bromo sangat dikenal dan. Bahkan wisatawan mancanegara ada yang menilai Gunung Bromo merupakan salah satu gunung terindah di dunia. Daya tarik utama TN BTS adalah gejala alam yang unik dan spektakuler yang dapat dinikmati dan didekati dengan mudah. Kaldera Tengger berada di ketinggian 2300 dpl dengan luas 5.290 hektar dengan 5 buah gunung yang berada di dalamnya Gunung Bromo (2.392 m), Gunung Botak (2.470 m). Gunung Kursi (3.392 m), Gunung Watangan (2.601 m) dan Gunung Widodaren (2.600 m) merupakan daya tarik tersendiri. termasuk kisah geologi terbentuknya gunung-gunung tersebut. Kaldera Tengger ini secara administrasi pemerintahan terdapat di Kab. Probolinggo. Desa terdekat dari Kaldera Tengger adalah Cemorolawang.

Gunung Bromo merupakan satu gunung dari lima gunung yang terdapat di hamparan kaldera. Daya tarik gunung ini adalah merupakan gunung yang masih aktif dan dapat dengan mudah didaki/dikunjung. Obyek wisata Gunung Bromo merupakan fenomena dan Atraksi alami yang merupakan salah satu daya tarik pengunjung. Kekhasan gejala alam yang tidok ditemukan di tempot lain adalah adanya kawah di tengah kawah (creater in the creater) dengan hamparan laut pasir yang mengelilinginya. Bagi pengunjung yang ingin melihat lebih dekat dan menghirup aroma asap vulkanik, dapat naik ke puncak Bromo. Untuk sampai puncak Bromo disediakan tangga dari betan. Bila sampai di puncak maka tampak kawah Bromo yang menganga lebar dengan kepulan asap yang keluar dari dasarnya yang menandakan gunung ini masih aktif.

Di sekitaran Gunung Bromo berdiri Gunung Widodoren, tidak jauh dari Gunung Batok. Tempat keramat di Widodaren berupa gua dan sumber air suci. Pada bagian dalam guo terdapat tempat yang agak luas dan di dalamnya terdapat batu besar (sebagai oltar) untuk menempatkan sesojian atau menaruh nodar yang sekaligus sebagai tempat bersemedi khususnya masyarakat Tengger untuk memohon kepada Sang Hyang Widi Masih di sekitar guo, tepatnya di bagian samping guo tedapat sumber air yang tak pernah kering. Air dari sumber tersebut merupakan air suci yang mutlak diperlukan bagi peribadatan suku Tengger. Sebagai contoh, dalam upacara Kasado pasti didahului dengan upocara pengambilan air suci dari Guo Widodoren (Medhak Tirta). Air suci itu jugo dipercayo punya khasiat membuat awet muda seseorang serta dapat mendekatkan jodoh bagi yang lajang.

Puncak G. Pananjakan merupakan tempat yang tertinggi bila dibandingkan dengan tempat-tempat lainnya di komplek Pegunungan Tengger. Dari kawasan ini wisatawan dapat menyaksikan keindahan alam di bagian bawah seperti panorama laut pasir dengan komplek Gunung Bromo yang dilator belakangi G. Semeru dengan kepulan asapnya yang tebalpun dari puncok Panonjakon dapat disaksikan dinikmati indahnya matahari terbit di ufuk, timur berwarna kekuning-kuningan dari balik perbukitan. Selain Gunung Bromo yang merupakan daya torik utama, Gunung Semeru (3676 m) yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki. Perjalanan ke Gunung Semeru biasa dicapai melalui Malang-Tumpang-Ngadas-Ronu Pane dengan angkutan jeep atau truk. Petualangan ke Gunung Semeru banyak menyajikan pemandangan hutan yang indah, mulai dari hutan. lembah, telaga (Ranu Pane. Ranu Kumbolo) dan padang savana.

Wisatawan bisa bermalam di Desa Ronupane. Kabupaten lumajang. Ini desa terakhir menuju Gunung Semeru. Di Desa Ranu Pane terdapat telaga yang indah dengan pohan-pohan cemara berjajar. Tersedia homestay dengan sewa yang murah. Di dekat pos perijinan mendaki, berdiri pos porter dan beberapa warung kecil. Bagi peminat hiking bisa melalui Desa Ngadas (Malang)-Jemplang-Gunung Bromo. Treking menuju Gunung Bromo berupa Jalan paving lebar dua meter menembus padang pasir dan padang savana. Hiking bisa dilakukan dari arah sebaliknya. Bromo-Ngadas-Malang atau Bromo-Ranu Pane-Ngadas.(^)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Profil Jawa Timur, Biro Humas dan Protokol Setda Jatim. Surabaya, 2010. hlm. 173.

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS), Kabupaten Probolinggo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s