Nasi Kebuli & Jus Kurma, Ampel Surabaya

Sedap, Santap Nasi Kebuli, Minum dengan Jus Kurma

Berkunjung ke kawasan wisata religi Sunan Ampel, Surabaya, rasanya  ada yang masih kurang kalau tidak mencicipi nasi kebuli kambing. Untuk  mencarinya tidak sulit, karena hampir setiap rumah makan di kawasan ini selalu menyajikan menu nasi kebuli kambing ini. Salah satunya yang sudah terkenal adalah Depot Mas Hakim, yang terletak di Jl. Ampel Suci, kawasan wisata religi Sunan Ampel.

Siang hari, usai shalat Jumat adalah saat tepat makan siang. Sebagai jujugan adalah makan nasi kebuli kambing Depot Mas Hakim itu. Begitu duduk, para petugasnya dengan sopan menyodorkan daftar menu masakan.  Pilihan akhirnya jatuh pada nasi kebuli kambing dengan jus kurma. “Silakan dinikmati,” kata petugas tadi yang bekerja secara cepat. Nasi kebuli kambing panas, dan jus kurma yang kental serta manis pun tersaji. Ingin segera menikmati, tapi sebelumnya kami harus mengucapkan doa makan terlebih dulu: Allahumma bariklana fiima rozaktana wakina azabannar.

Seperti kata kalimat iklan, rasa memang tak pernah bohong bisa dibuktikan. Ternyata, nasi kebuli kambing ini bikin goyang lidah, karena rasanya gurih juga mempunyai aroma khas. Begitu juga dengan kambing goreng sebagai pasangan santap nasi kebuli, empuk dan lezat. Apalagi disantap dalam keadaan panas yang disertai butiran-butiran kismis di atasnya, wow rasanya semakin nikmat. “Enak tuenan, nasi kebulinya gurih, daging pun nikmat dan mudah dikunyah karena empuk,” kata Hadi, seorang pengunjung yang ternyata sering datang ke depot itu. Memasak daging kambing menjadi empuk dan terasa nikmat memang ada resepnya. “Daging kambing supaya menjadi empuk harus dioven terlebih dulu, kemudian baru digoreng atau dibakar tergantung permintaan  pengunjung,” jelas Mudjito, yang dipercaya pemilik depot, Hakim Balae Mas, sebagai manajer resto.

Usai menyantap gurihnya nasi kebuli kambing tak lengkap kalau belum minum jus kurma yang juga menjadi andalan Depot Mas Hakim. Harga jus kurma ini berukuran gelas besar. “selain nasi kebuli kambing dan jus kurma, kami juga menyediakan martabak yang juga menjadi menu andalan depot kami,” ujar Mudjito yang buka mulai pukul 10.00 sampai 22.00 WIB. Kecuali hari Kamis malam Jumat Legi sampai 02.00 dini hari, karena pada hari-hari ini pengunjung yang ingin shalat di Masjid Sunan Ampel dan berziarah ke makam Sunan Ampel memang ramai.

Menurutnya, pengunjung yang menjadi pelanggan depotnya banyak karena sudah dikenal masyarakat. Setiap pelanggan sering merasa ketagihan karena menunya sudah cocok dengan lidahnya, enak sekali. Apalagi  bertepatan dengan bulan Ramadan, di saat-saat seperti ini ramai-ramainya pembeli berbuka puasa atau santap malam. Lebih ramai lagi kalau saat Ramadan pada malam 21 sampai malam terakhir puasa. “Tapi, kalau hari-hari biasa pengunjung ramai pada hari Kamis malam Jumat Legi, atau Jumat Legi siang. Atau hari-hari libur nasional 1 Muharam, pengunjungnya juga ramai. Biasanya satu hari kalau ramai seperti ini, kami bisa menghabiskan rata-rata satu ekor kambing,” kata Mudjito yang asli Tulungagaung dan bekerja sejak berdirinya depot ini, 19 tahun yang lalu.

Bahkan, lanjutnya, pengunjung depotnya tak cuma dari Surabaya atau Indonesia saja, tapi juga dari Malaysia, Saudi Arabia dan lain-lain. Umumnya mereka datang berziarah ke Sunan Ampel dan sebagai jujugan dan makan di depotnya. “Artis-artis juga banyak yang datang ke sini tapi saya tidak tahu mereka. Yang saya kenal dan makan di sini itu Dorce, Muksin Al-Atas dan Ayu Azhari. Hehehehe …,” kata Mudjito mengakhiri pembicaraan. -ryan

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  SAREKDA Jawa Timur,  edisi: 011, 2011.

Artikel terkalit:
– Revitalisasi Ampel
– Bong Ampel
– Masjid Kuno Jawa Timur: Masjid Sunan Ampel, Surabaya
– Sunan Ampel
– Pesona Timur Tengah, di Kampung Ampel
– Khidmat Ampel Ramadhan
– Roti Maryam dan Gule Merah, Wah!

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Nasi Kebuli & Jus Kurma, Ampel Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s