Ledre Padangan, Kabupaten Bojonegoro

ledre001BERKUNJUNG ke Kabupaten Bojonego­ro kurang afdol bila tak membeli jajanan khas kota ini yang sudah dikemas secara modern: “Ledre”. Penganan kering ini berbahan baku pisang, berbentuk gulungan me­manjang, dan beraroma pisang yang khas serta renyah di lidah.

Dengan kualitas beragam, mulai pisang raja, pisang saba, pisang hijau, dan lainya serta rasa manisnya yang alami, jajanan ini akan memanjakan lidah para pembeli. Seiring permintaan pasar dan persaingan usaha yang ketat, ledre berkembang de­ngan memiliki beragam rasa, mulai coklat, susu, dan rasa lain sesuai per­mintaan pembeli. Tapi ledre masih dikembangkan industri rumah tang­ga (home industry).

Salah satu tempat yang menjadi sentra produksi ledre di Bojonegoro adalah Kecamatan Padangan yang terletak sekitar 25 kilometer dari Kota Bojonegoro. Di sini, terdapat sekitar 110 unit usaha yang memproduksi ledre. Tenaga kerja yang terlibat mencapai 220 orang dengan kapasitas produksi 9.900.000 ledre per tahun.

Meski masih berlevel home in­dustry, namun pemasaran ledre telah mampu merambah kota-kota besar, seperti Jakarta, Semarang, Surabaya,Yogyakarta, bahkan hingga ke luar Pulau Jawa. Para pelaku usaha home industry ledre sudah cukup professional. Dari segi kemasan misalnya telah dibuat higienis. Selain itu produksi ledre sudah didaftarkan ke Departemen Kesehatan.

ledre Kabupaten BojonegoroProdusi ledre akan meningkat saat liburan. Sebaliknya saat musim   tanam,    produksi Hf   ledre   biasanya   menurun karena     sebagian     warga memprioritaskan pengerjaan sawahnya.   Meski  demikian, produksi ledre dijamin tetap lestari di Bojonegoro karena ledre sudah lekat sebagai ikon kuliner di kabupaten ini. Untuk    mendapatkan    ledre cukup mudah sebab di banyak tempat di Bojonegoro banyak dijual ledre, mulai dari warung-warung di pinggir jalan, pasar tradisional, hingga di terminal bus maupun stasiun kereta api.

Ledre juga sudah dipasarkan di kota-kota besar di Indonesia sehingga mudah ditemukan di supermarket. Jika Anda mempunyai cukup waktu, Anda juga bisa datang langsung ke sentra produksi ledre yang ada di Bojonegoro. Misalnya di Desa Kuniran, Kec. Padangan.

Maulida (31), salah satu pengusaha ledre, mengatakan, persaingan sesama pengusaha mulai terasa. Pasalnya tiap merek dagang berusaha memberikan kualitas rasa beragam dan menjaga keaslian rasa pisangnya.

“Sekarang kita harus pintar-pintar ngatur. Mulai banyak rasa sampai ada yang dibuat ledre mini agar harganya terjangkau dan membangun sistem kepada agen, itu juga sangat penting, ” ungkapnya.

Tiap kemasan ledre dibanderol dengan harga berkisar antara Rp 10.000 sampai dengan Rp 50.000. Biasanya ledre dititipkan ke kios-kios sepanjang Jalan Bojonegoro sampai menuju ke Padangan. Supaya mudah dibawa dan aman, ledre dikemas dengan kardus.

Satu kardus kecil berisi 2 bungkus, sedangkan kardus besar isinya 4 bungkus. Linda (42), salah satu agen di Jalan Gajah Mada Bojonegoro, mengaku, lantaran tokonya berada di jalur utama Kab. Bojonegoro pem­belinya dari luar kabupaten.

Dan paling banyak saat musim liburan. “Kalau waktu acara liburan itu biasanya orang yang lewat sini beli untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Dan ada yang sampai langganan tiap lewat sini pasti beli,” ungkapnya, (nal)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: SUARA DESA
, Edisi 05  15 Juni -15 Juli 2012. Hlm. 41

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Ledre Padangan, Kabupaten Bojonegoro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s