Bendungan Wonorejo Eksotisnya Wisata Tulungagung

wonorej-t-agunfg002Air adalah sumber kehidupan, namun juga bisa jadi sumber rencana Sebuah ungkapan yang pas. Apalagi untuk Tulungagung yang sempai dikenal sebagai kabupaten terbenam (banjir) saat musim hujan dan kering kerontang saat kemarau. ltu dahulu, sebelum tahun 1994. Setelah tahun tersebut, tidak lagi terdengar Tulungagung dadi kedung (menjadi telaga, terendam).

Bendungan Wonorejo, dari sinilah solusi itu hadir. Waduk itu tidak hanya berfungsi sebagai pengendali banjir, namun juga sebagai objek wisata air dan wisata edukatif. Bendungan Wonorejo berada di hilir pertemuan sungai Kali Gondang dengan Kali Wangi, sekitar 16 km barat kota Tulungagung. Lokasinya memang di wilayah Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo. Tata bangunan waduk serbaguna ini memang eksotik, menawan, dan beda dengan waduk lain. Semua peralatan yang dioperasikan pun tergolong canggih, sehingga sangat tepat untuk wisata edukatif. Sistem penataannya modern, dan yang mencolok adalah kebersihannya.

wonorej-t-agunfg001

Nilai eksotik waduk ini tampak pada tebing gunung batu yang menjadi background control building bendungan yang bertuliskan Bendungan Wonorejo. “Rencana ke depan, kami akan menambah keindahan bendungan ini dengan membuat relief wajah Presiden RI dari yang pertama sampai yang terakhir, tepat di tebing gunung batu yang di-kepras (dibelah) ini,” kata Ir. Soegiarto CES, Kepala Divisi Jasa ASA (Air & Sumber Air) V.
Upaya itu dilakukan untuk menambah fasilitas rekreasi yang ada di kawasan bendungan. Pasalnya, tahun 2004 ini Bendungan Wonorejo diproyeksikan untuk objek wisata. “Selama ini pengunjung (wisatawan) hanya bisa menikmati pemandangan bendungan dan memancing. Meskipun sudah ada perahu motor, tapi masih sedikit jumlahnya, sehingga untuk ke depan kami akan menambah fasilitas lain yang bisa membuat pengunjung kerasan ,” ungkap Kepala Divisi yang asli Malang itu.

bendungan-wonorejo-tlg004Kebagian Sampah
Jika obsesi tersebut terwujud, obyek wisata di relung pegunungan batu itu nyaris bisa dipastikan bakal menakjubkan. Tekstur tanahnya naik-turun. Di puncak pegunungan sebelah timur bendungan telah dibangun view building (gardu pandang) yang lux untuk cafe. Pengunjung bisa menikmati panorama bendungan dari ketinggian 1 .500 meter di atas bendungan. Kesejukan dan keindahan matahari pagi dapat dirasa utuh. Selatan bendungan, dekat lokasi PLTA, ada lapangan basket, dan akan dibangun kolam renang plus fasilitas bermain anak-anak.

Penambahan fasilitas juga dibarengi dengan reboisasi yang dilakukan secara berkala dan terus-menerus untuk menciptakan suasana yang rindang. “Penanaman bibit yang dilakukan hingga kini telah mencapai 26.974 batang pohon, 24.974 batang dari Perum Jasa Tirta, 2.000 batang dari Perhutani ,” ujar Kepala Sub-Divisi Jasa ASA V-1, Sudjiono ST.

Luas daerah genangan Bendungan Wonorejo mencapai 3,85 km2. Dapat dimanfaatkan secara optimal dan multifungsi. Selain menambah penyediaan air baku untuk Kota Surabaya dan sekitarnya sebesar 8,02 m3/detik secara terus-menerus pada musim kemarau, juga berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik sebesar 6.020 MW. Bahkan, berfungsi vital sebagai pengendali banjir untuk daerah Tulungagung. Fungsi ekstra berikutnya adalah sebagai pengembangan budidaya ikan darat untuk menunjang perekonomian petani ikan setempat.

bendungan-wonorejo-tlg003Terakhir juga berfungsi sebagai objek wisata, karena penataan rancang bangun yang ekslusif. Fungsi pariwisata memang cukup menjanjikan dan mampu meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah). “Namun kami ingin ada kerja sama yang baik antara Pemda (Pemkab Tulungagung, Red.) dengan Perum Jasa Tirta sebagai pengelola dan pemelihara fasilitas. Selama ini retribusi (tiket) masuk ke bendungan itu dipungut Pemda. Jasa Tirta hanya mendapat sampahnya pengunjung kalau hari libur,” seloroh Soegiarto.

Ironis. “Padahal, investasi untuk penambahan fasilitas pariwisata dan biaya pemeliharaan ditanggung Jasa Tirta, meskipun secara yuridis baru tahun 2002 diserahkan. Jasa Tirta. “Nah, makanya saat ini kami sedang mengupayakan untuk bisa bekerja sama secara baik dengan Pemda, agar upaya pengembangan fasilitas objek wisata bisa cepat terealisasi ,” lanjut dia dalam nada berharap. Semoga saja (Aida Ceha)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: : Jatim News, Tabloid Wisata Plus, Edisi 34, 04 -18 juli 2004, Tahun II.

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Bendungan Wonorejo Eksotisnya Wisata Tulungagung

  1. Bendungan wonorejo kalo di promosikan lebih terfokus akan menjadikan obyek wisata yang tidak kalah menarik seperti waduk karanngkates yang lebih dulu di kenal masyarakat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s