Pantai Watu Gedeg, Kabupaten Lumajang

watu godegObyek wisata Pantai Watu Godeg, terletak di Desa Bulurejo, kecamatan Tempursari, wilayah ujung selatan Kabupaten Lumajang , berjarak 8 Km dari Kecamatan Tempursari kearah Selatan, atau sekitar  80 km dari Kota Lumajang arah selatan.  Dengan adanya jalan tembus Pasirian – Tempursari jaraknya dapat diperpendek menjadi 12 Km dari Kecamatan Pasirian.

Salah satu yang khas dari pantai Watu Godeg adalah sebuah batu yang menjulang tinggi sendirian di pinggir pantai. Bebatuan tebing tersebut merupakan pecahan, yang terbentuk karena hantaman ombak pantai Selatan yang ganas.  Batu ini menurut beberapa orang sangat sakral, masyakat menamai Watu Gedeg.

Ada pula nama Watu Gedeg adalh sebutan sebuah tebing yang menyerupai dinding raksasa mempunyai ketinggian mencapai puluhan meter.

Ada yang versi lain, sebutan  Watu Godeg diambil dari keberadaan batu besar di tepi pantai itu. Dalam bahasa Jawa, Watu berarti Batu, dan Godeg adalah sejenis penyakit kulit seperti panu dan kudis. Sehingga masyarakat sekitar mempercayai bahwa dengan mandi di laut ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Versi lain lagi mengartikan Watu Godek, batu besar dipantai bila terkena ombak seperti bergoyang, Godek (geleng kepala).

Pantai ini merupakan pantai dengan pemandangan yang indah, dengan hijaunya perbukitan menjadi latar belakang yang sangat hidup. Begitu pecahan ombak menggiring kearah bibir pantai, adalah pemandangan khas Pantai pantai selatan, pinggiran samudera Indinesia. Selain itu pengujung juga akan disuguhkan dengan tebing bebatuan yang tinggi dan pengunjung bisa melewati dibawah tebingnya serta terbingkai bak lukisan alam. Ketika kita berada di Watu Gedeg dipastikan pengunjung akan tertegun, karena kagum dengan kedasyatan pemandangan yang diwarnai dengan gulungan ombak pantai selatan yang khas da melegenda.

Dalam kondisi tertentu  masih sangat aman dan sehingga pengnjung bisa pergunakan untuk melepas lelah dengan menggelar lesehan dan makan – makan bersama keluarga. Namun pada kondisi musim penghujan, kawasan dibawah Watu Gedeg harus ekstra hati-hati

Menuju watu godeg lumayan butuh nyali, belokan, tanjakan & turunan dengan sudut yang cukup menantang dan alam bebas yang indah, pengunjung disuguhi indahnya samudera hindia, dan juga tebing-tebing indah si sebelah utara. Selain itu juga terdapat danau air payau yang diantarannya berbatas dengan tebing.

Pada kawasan watu godeg ada jalan kecil berpasir dan banyak terdapat gundukan. Di pantai Watu Godeg sendiri juga sering sebagai arena motorcross. Jangan coba-coba untuk berjalan di hamparan pasir tanpa alas kaki anda (alias cekeran), kandungan besi pada pasir di pantai ini sangat tinggi. Sehingga saat panas terik siang hari, panasnya akan terserap pada pasir hitam hamparan pantai watu godek. =S1Wh0T0= 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Pantai Watu Gedeg, Kabupaten Lumajang

  1. Rea says:

    Aku sudah sring main ke watu godeg with keluarga ku & pmandanganya emng bnar2 indah…Heheh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s