Pantai Bambang, Kabupaten lumajang

Pantai BambangSejumlah obyek wisata alam di Kabupaten Lumajang sangat potensial untuk dipromosikan, salah satunya adalah Pantai Bambang, terletak di Desa Bago, Kecamatan Pasirian,  24 Km jarak dari kota Lumajang dapat ditempuh dengan kendaraan roda 4 maupun roda 2 dengan akses jalan beraspal, keberadaan pantai  ini pada 8°17’ 26,5” LS dan 113°06’37,8” BT. Pantai Bambang, merupakan obyek wisata pantai dengan ombak besar berlapis dan biasa mencapai 3 meter, sebagai ciri khas pemandangan pantai selatan (Samudera Hindia). Namun ombak tersebut dijinakan oleh bentangan Pulau Nusa Barong sehingga gelombangnya tidak terlalu besar.

Abrasi di pantai ini sangat kuat dan anginnya lembab.  Pasir di pantai ini berwarna hitam berasal dari material Gunung Semeru. Pasir ini berfungsi menampung air hujan sehingga di sekitar daerah tersebut banyak terdapat air tawar meskipun di dekat laut.Areal Pantai Bambang berbentuk maring  terbentuk oleh gelombang laut. Seperti kebanyakan pantai selatan lainnya, Pantai Bambang masih mempunyai nilai magis yaitu dengan kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan Nyi Roro Kidul.

Pantai Bambang mudah dijangkau oleh kendaraan roda dua dan roda empat dengan akses jalan yang mudah. Selain itu penyediaan tempat parkir yang cukup luas membuat pengunjung yang membawa kendaraan pribadi menjadi nyaman dan merasa aman.  Pantai Bambang menyuguhkan pemandangan yang sangat elok ditambah rerimbunan hutan jati menambah keindahan dan minat pengunjung pantai.

Sebagai sarana pendukung  tempat wisata, di Pantai Bambang pada beberapa sisi terdapat warung-warung kecil. Makanan yang di jual sangat berfariasi, mulai dari makanan ringan sampai makanan yang mengenyangkan. Selain itu juga ada kamar mandi sehingga ketika selesai bermain di pantai, pengunjung dapat membersihkan diri di kamar mandi tersebut.

Keindahan Pantai Bambang memang tdak diragukan lagi, namun demikian perlu adanya fasilitas pendukung lain. Fasilitas yang dimaksud yaitu misalnya penambahan area bermain atau pembangunan pantai yang bisa menarik minat pengunjung untuk datang. Saat hari-hari libur seperti liburan sekolah maupun hari-hari besar, Pantai Bambang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Hal ini dikarenakan

Keamanan di Pantai Bambang cukup terjamin karena pada saat hari-hari besar pemerintah memperketat keamanan untuk meminimalisir tindak kejahatan maupun menjaga keamanan pengunjung di pantai, pemerintah bekerja sama dengan masyarakat sekitar membentuk tim keamanan yang beranggotakan dari anggota Polsek Pasirian, anggota Koramil Pasirian, anggota Polres Lumajang, dan juga tim SAR. Dengan demikian keamanan di Pantai Bambang cukup terjamin sehingga pengunjung merasa aman dan nyaman saat liburan di sana.=S1Wh0T0=

Brosur Wisata Kabupaten Lumajang, Dinas Pariwisata

 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Pantai Bambang, Kabupaten lumajang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s