Lupis Jajanan Tradisional Jawatimuran

Jajanan tradisional jawatimuran yang disebut lupis ini bentuknya sangat sederhana sekali, semacam irisan lontong, yang diberi parutan kelapa lalu diberi juruh (gula merah yang dicairkan),  lupis dulu dikenal sebagai jajanan favorit yang bisa ditemukan di beberapa pasar tradisional di Jawa Timur,  jajanan ini  digolongkan sebagai jajanan pasar.

Menikmati jajanan lupis ini sebaiknya pagi atau sore hari, rasa jajanan lupis ini perpaduan antara rasa gurih dan rasa  manis, rasa gurih yang berasal dari ketan dan parutan kelapa dan rasa manis yang berasal dari cairan kental gula merah begitu mendominasi, ditambah tekstur lupis yang kenyal dan lembut,  sungguh sangat terasa nikmat dilidah.

Membuat lupis pun sangat mudah, Siapakan beras ketan bermutu bagus supaya tekstur lupis kenyal serta lembut, air kapur sirih sedikit sebagai upaya agar kue ini kenyal, daun pisang selain sebagai pembungkus aroma daun pisang menambah harum sekaligus gurih dan kelapa yang  membuat lupis terasa gurih.

Cara membuat lupis sama dengan membuat lontong, beras ketan dicuci, lalu ditiriskan sekaligus diberi air kapur sebagai upaya untuk mengenyalkan dan berbentuk menarik, kemudian beras ketan dimasukkan ke dalam daun pisang diikat ( dibungkus rapat) dan direbus.

Setelah matang lalu tiriskan dan didinginkan setelah dinging baru lupis dipotong-potong menggunakan beang plastik (senar) atau dengan belati yang telah diolesi sedikit minyak goreng. Untuk menyajikan irisan lupis disusun dalam piring kue kecil lalu lupis ditaburi parutan kelapa serta gula merah yang sudah dicairkan.=S1Wh0T0=

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Lupis Jajanan Tradisional Jawatimuran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s