Wonosalam Rafting, Kabupaten Jombang

SONGA 1

Di dusun Mendiro, Kecamatan Wonosalam, Jombang, Jawa Timur. Terdapat sebuah Sungai masyarakat setempat menyebutnya Sungai Boro. Untuk sampai di lokasi ini, bisa ditempuh  kurang lebih 40 menit dari kota Jombang, melalui Mojoagung-Mojoduwur-Wonosalam atau lewat Trowulan-Jabung-Wonosalam. Jika ingin lebih cepat, kendaraan roda dua bisa jadi alternative, mengingat jalan di Wonosalam menanjak dan di kanan kiri jurang yang curam.

Lokasi Dusun Mendiro Wonosalam (sebagai venue rafting), terletak diantara hutan tropis Wonosalam yang masih hijau dan alami, Sungai Boro yang memiliki batu-batu kali lumayan besar, membuat liukan aliran air sungai yang lumayan deras bertambah extrim, ditambah kondisi alam yang masih ’perawan’. Tantangan inilah yang ditawarkan kepada para pecinta petualang alam, rafting atau arum jeram. Sungai ini menjanjikan para penikmat arung jeram terpacu andrenalinnya, maklum, wisata arus sungai arung jeram (rafting), membutuhkan kondisi alam semacam di sungai Boro ini.

Untuk menjamin keselamatan para petualang alam, dalam menaklukkan ganasnya arus sungai di pedalaman hutan Wonosalam, telah disiapkan operator rafting yang sengaja dipilih dari orang-orang professional di bidangnya. Para operator rafting selama ini sudah berpengalaman mengelola Songa Adventure, di Kabupaten Probolinggo.

Wisata baru, Wonosalam Rafting hadir memberikan sensasi wisata arung jeram yang penuh tantangan.  Arus Sungai Boro sangat menjanjikan membuat jantung berdetak kencang, ditambah suguhan indahnya hutan tropis yang masih perawan. Selain itu jalur Sungai Boro ini berujung di dekat goa Si Golo-golo .

Letak goa Si Golo-golo hanya beberapa meter di atas Sungai Boro (alur arung jeram), merupakan salah satu wisata andalan Kabupaten Jombang. Sehingga lengkap sudah, setelah puas berbasah-basah dengan air sungai, wisatawan dapat langsung menikmati keindahan goa yang konon merupakan tempat bertapa Gajahmada, patih Majapahit yang mashur itu.134n70

laporan: tim PUSAKA JAWA TIMURAN, Mei 2013

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Wonosalam Rafting, Kabupaten Jombang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s