Wisata Bahari Lamongan (WBL), Kabupaten Lamongan

WBL Sajikan Kesenian Etnik Libur lebaran selalu menjadi saat yang dinantikan pengelola objek wisata karena bisa terjadi lonjakan angka kunjungan. Pada libur Lebaran tahun ini Wisata Bahari Lamongan (WBL) menyajikan parade seni etnik. Pagelaran itu dipilih karena WBL juga sarana pendidikan dan pelestarian budaya lokal

MANAGER Marketing WBL, Ashari, mengatakan, di antara parade kesenian etnik itu, yakni Barongsai, Reog Ponorogo, dan Jaranan. Ini sebagai komitmen manajemen bahwa WBL ikut melestarikan kesenian tradisional meski telah memiliki banyak wahana wisata modern. WBL kini telah memiliki 43 wahana yang bisa dinikmati secara gratis dan 25 wahana fasilitas bayar. Wahana gratis di antaranya rumah kucing, galeri kapal dan kerang, permainan air, tembak air, drop zone, biaskop desperado, tembak ikan, rumah sakit hantu, waterbom, sa rang bajak laut, bioskop 3 dimensi, arena mengemudi, dan tembak berburu.

Sedang 25 fasilitas bayar di antaranya Banana Boat, Flying Fox, arena panahan, zona perang, kiddy ride, sepeda air, sky boat, long boat, perahu tradisional, king donut boat, video game, boxing, kereta andang, dan arena fata cowboy. Komitmen manajemen dalam melestarikan seni tradional dapat dilihat dengan adanya anjungan Walisongo. Di tempat itu terdapat miniatur  bangunan masjid, musola, dan areal pemakaman Walisongo yang menyerupai wujud aslinya dilengkapi tulisan cerita sejarah perjuangan para wali.

Miniatur itu sebagai upaya menggaet wisatawan religi, karena lokasi WBL di daerah perlintasan ziarah Walisongo. Dikatakannya, sebagai pengembangan objek wisata yang telah ada sebelumnya, yaitu Pantai Tanjung Kodok, WBL memadukan konsep wisata bahari dan dunia wisata dalam areal seluas 11 hektare. Didukung pula dengan hadirnya 3 wahana baru setiap tahunnya.

Target Naik 50%

WBL menargetkan kenaikan jumlah pengunjung hingga 50% pada libur Idul Fitri tahun ini. Jika pada libur akhir pekan atau tanggal merah nasional pengunjung sekitar 1000 orang, Lebaran ini nanti terjadi kenaikan sesuai target. Kegiatan promosi gencar dilakukan, salah satunya dengan mengikuti pameran wisata nasional dan internasional. Pengelola juga membagikan brosur dan poster di tempat-tempat keramaian, seperti pusat perbelanjaan, terminal stasi un, termasuk bandara. Menurut Ashari, puncak kunjungan terjadi H-3 sampai H+7. Saat  mendekati Lebaran kebanyakan pe ngunjung yang datang adalah para pemudik yang melintasi jalur Pantura. “Umumnya pengunjung berasal dari Jakarta, Semarang, dan Bandung yang mudik ke Surabaya dan sekitarnya;” ujar Ashari.

Pengunjung berombongan bisa memesan tiket jauhjauh hari. Jika pada hari normal, yakni Senin-Kamis atau selain waktu liburan harga tiket hanya Rp 40.000, selama Lebaran naik menjadi Rp 50.000. Harga itu sebenarnya harga yang biasanya dipatok saat Jumat-Minggu, hari besar, dan musim liburan. Untuk menjaga kenyaman pengunjung, pengelola juga meningkatkan keamanan sepanjang libur lebaran. Selain menambah jumlah Satpam, juga bekerjasama dengan kepolisian dan Satpol PP Pemda Lamongan. Biasanya Polres mengirimkan bantu an personil untuk mengatur lalulintas.

Areal parkir cukup untuk lebih dari 500 bus. Mengantisipasi lahan parkir penuh, manajemen menjalin kerjasama dengan warga sekitar yang memiliki areal luas untuk dijadikan lokasi parkir. Keamanan tetap menjadi perhatian manajemen. WBL yang semula Tanjung Kodok memang telah berubah. Kini telah berubah menjadi salah satu objek wisata andalan Jawa Timur. Pembangunan hotel berbintang tiga dengan kapasitas 50-60 kamar juga hampir selesai dibangun. Juga hotel berkapasitas 500 pengunjung disiapkan sebagai barak penginapan. Pengunjung bisa menginap 5 sampai 15 orang dalam satu kamar. Di WBL juga tersedia Pasar Hidangan, Pasar Wisata, Pasar Buah dan Ikan, serta fasilitas umum lain, seperti Mushola, Klinik, ATM, tempat bagi lbu & Bayi.

Atraksi Hewan

Terhubung dengan WBL kurang lebih 200 meter sebelah selatan juga terdapat objek wisata Maharani Zoo & Goa. Objek wisata tersebut  menjadikan perjalanan wisata semakin menarik, berkesan dan lengkap, karena menyajikan wisata alam berupa gua yang cukup alami dilengkapi dengan aneka jenis hewan serta museum hewan.

Rencananya, objek wisata ini akan disatukan dan menjadi bagian dari satu paket wisata bahari. Jaringan kereta gantung akan menjadi sarana  penghubung keduanya. Seperti dikatakan Manajer Marketing Taman Satwa Maharani Zoo & Goa, Juli Wahyuningtias, pihaknya menampilkan aneka satwa lokal dan satwa dari berbagai penjuru dunia. Pengunjung bisa berinteraksi dengan satwa. Maharani Zoo & Goa sebagai Iembaga konservasi menghadirkan satwa baru yang diimpor dari Afrika (Kambing Gunung), Amerika (Skunk) dan Republik Ceko

(Coatimundi) dan telah berkembang biak dengan kelahiran anak-anaknya yang lucu dan sehat. Harga tiket Rp 70.000 untuk satu paket dengan WBL atau Rp 25.000 khusus Maharani Zoo & Goa. Libur Lebaran tahun ini pengelola menargetkan kedatangan wisatawan hingga 40-50% dari jumlah pengunjung saat liburan akhir pekan yang rata-rata sekitar 1.000 orang. Goa Maharani menyimpan keindahan alam yang spesifik, memiliki keindahan di atas rata-rata goa wisata di Indonesia. Bahkan beberapa ahli pergoaan menilai goa ini memiliki kesejajaran dengan goa-goa wisata terkenal di luar negeri seperti Goa Altamini di Spanyol, Goa Mammoth dan Carlsbad di Amerika Serikat serta Goa Coranche di Perancis. Stalaktit dan stalagmit yang tumbuh di dalam goa dapat memancarkan cahaya warna warni.

Taman Safari Tawarkan 10 Paket

Taman Safari Indonesia II Prigen, Pasuruan menargetkan 250.000 pengunjung pada H+2,3,4,5 dan 6. Marketing and Sales Manager TSI, Laksita Utama Suhud mengatakan, marketing sudah melakukan promosi, salah satunya kerjasama dengan PT Kereta Api lndonesia (KAI). Bentuknya penayangan video 10 paket liburan seru pada setiap televisi di gerbong kereta eksekutif sejak H -20 Lebaran.

Pemilik tiket kereta api eksekutif juga bisa menikmati paket Safari Waterworld secara gratis di Taman Safari 2 seharga Rp 40.000 hanya dengan menunjukkan tiket. Untuk paket ini pengunjung yang diharapkan berasal dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Semarang. Dikatakannya, sebagai Taman Safari terbesar se-Asia, kegiatan promosi juga dilakukan hingga ke manca negara. Pertengahan Agustus, marketing Taman Safari Indonesia II diundang Kementerian Pariwisata Malaysia untuk promosi dan kerjasama dengan 275 travel atau biro perjalanan terkemuka di sana. “Kami optimistis target tersebut akan tercapai bahkan bisa jadi terlampaui;’ katanya.

Promosi juga dilakukan dengan website http:// tamansafari 2.net yang setiap harinya dikunjungi sedikitnya 2.500 sebagian besar dari Jakarta. Untuk memenuhi target, sejumlah loket pembelian tiket juga telah dibuka, diantaranya di dua pusat perbelanjaan terkemuka, yakni di Tunjungan Plaza Surabaya dan Malang Olympic Garden di Kota Malang. Loket-loket tersebut dibuka sejak H -10 Lebaran. Khusus di Taman Safari disediakan 9loket dari sebelumnya hanya 5 loket. Demi kenyamanan dan keamanan pengunjung, managemen bekerja sama dengan Polisi Pariwisata serta masyarakat sekitar dalam program Kamtibmas. Keterlibatan masyarakat juga bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR).

Rp 55 miliar

TSI Prigen selesai membagun wahana wisata terbaru dengan dana Rp 55 miliar berupa wahana pertunjukan stuntshow Temple of Terror (TOT) yang merupakan pertunjukan drama dimainkan stuntman profesional. Show ini dimainkan 1 kali dalam sehari pada hari biasa dan 2 kali sehari pada hari libur nasional. “Terbaik pertama di Asean setelah Singapura;’ ujarnya.

Investasi sebesar itu, menurut Laksita digunakan untuk pembangunan gelanggang berkapasitas 2.500 orang dengan spesial efek yang menarik. Juga mendatangkan stuntman handal yang sudah melalui tahap seleksi. Ada 3 tim yang disiapkan. “Jadi jika 1 tim berhalangan, kami masih punya tim cadangan;’ imbuhnya.

10 Paket Liburan

Ada 10 paket Iiburan terbaik yang bisa dinikmati dengan hanya membeli tiket masuk reguler sebesar Rp 60.000 per orang. Diawali dengan petualangan menembus hutan kawasan Taman Nasional Gunung Arjuno yang dipenuhi oleh kawanan Gajah, Singa, Harimau Benggala, Giant Antelope dan ratusan hewan langka lainnya dalampaket wisata Safari Adventure terbaik di Asia Tenggara.

Pengunjung akan diajak merasakan serunya bersafari menembus kerumunan binatang-binatang eksotik langka dari 5 benua, langsung dari balik kaca mobil. Liburan juga akan jauh lebih mengasyikkan lagi dengan hadirnya Baby Zoo Adventure, paket liburan asyik berjalan-jalan di kebun binatang terbuka (open zoo). Pengunjung bisa menyaksikan acara feeding time harimau benggala, cheetah, buaya raksasa, bahkan ular phyton raksasa. Apalagi saat melihat sekawanan harimau benggala mulai menceburkan dirinya ke dalam air.

Selanjutnya menyaksikan serunya aksi 3 dolphin dalam, Safari Dolphin Education Show yang akan hadir setiap pukul l3.00 di lokasi Dolphin Bay. Yang menarik, selain pelatihnya dari San Diego Seaworld, California, pengunjung ditemani 2 ekor anjing laut dan puluhan burung bangau yang akan terbang dan berjalan-jalan di sekeliling penonton.

Tepat pada pukul 14:00 WIB, pengunjung bisa menyaksikan aksi seru para Gajah-Gajah Sumatera yang akan mengajak mengenal mereka lebih dekat lagi dengan tampilnya mereka dalam Elephant Education Show.Dimana semua pengunjung Taman Safari akan di ajak mengikuti pelajaran biologi tentang Gajah Sumatra, Gajah Asia dan Gajah Afrika dengan menggunakan alat peraga gajah hidup.

Pada saat yang bersamaan, pengunjuung juga bias menyaksikan lucunya penampilan orangutan bernama Melly The Illusionist yang akan memamerkan keahliannya dalam bermain sulap dalam upayanya untuk menghentikan aksi para pemburu dan penebang pohon liar yang menganggu ketenangan para satwa.

Pertunjukan lainnya, tampilnya “Bird Of Prey” Education Show. Sebuah pertunjukan yang akan membuka mata betapa luar-biasanya burung pemangsa seperti elang, burung hantu, rajawali, garuda bahkan pemakan bangkai dalam mengincar dan menyergap mangsanya.

Juga Journey To The Temple Of Terror sebagai penutup. Show acrobatik dari para stuntman profesional yang dilengkapi dengan 35 Hollywood special effect yang dipadukan dengan atraksi satwa luar biasa ini merupakan stunt-show tercanggih di Asia Tenggara sa at ini. Dengan panggung super megah di Asia Tenggara dan tribun untuk 2500 penonton. “Jadi sudah tidak perlu lagi jalan-jalan ke Singapura untuk menyaksikan serunya pertunjukan terbaik di Asia;’ katanya. (jal)

 ‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: POTENSI, EDISI 08, AGUSTUS 2011, hlm. 42

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Wisata Bahari Lamongan (WBL), Kabupaten Lamongan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s