Wana Wisata Grajagan, Kabupaten Banyuwangi

Lokasi Wanawisata ini berada di kawasan hutan KPH Banyuwangi Selatan, BKPH Curahjati, petak 111 dengan luas lebih kurang 314 ha dan ketinggian dari muka laut 0 – 20 m. Atau secara administratif pemerintahan terletak di desa Grajagan, kecamatan Purwoharjo, kabupaten Banyuwangi. Transportasi, untuk mencapai tempat ini dapat lewat laut (bukan anjuran) dan lewat darat. Yang dapatditempuh dengan mobil pribadi,bus, kendaraan roda dua dengan jalan beraspal. Dari arah Banyuwangi ke Jember, ditempuh Banyuwangi Benculuk 28 km dari Benculuk – Grajagan 12 km.

Sedangkan topografinya datar dan berbukit rendah. Suhu 20 – 28°C, Bulan hujan Nopember sampai Mei dan bulan kering Juni sampai September dengan curah hujan rata- rata 1.300 mm/ tahun. Wana Wisata Grajagan dibawah pengelolaan K.P.H. Banyuwangi Selatan.

Pada kawasan Wanawisata Grajagan, rekreasi di alam terbuka bisa dilakukan pada beberapa tempat, di hutan, di gunung, di danau, di pantai atau dapat juga perpaduan antara unsur-unsur tersebut. Khusus di Wanawisata GRAJAGAN ini beberapa unsur terdapat disana. Baik itu hutan, gunung dan pantai sekaligus membentuk panorama yang indah.

Karena perpaduan berbagai jenis kewisataan alam tersebut sehingga para Wisatawan dapat memanfaatkannya keindahannya. Untuk wisatawan Mancanegara yang akan berselancar air di pantai Plengkung dapat memanfaatkan Wanawisata Grajagan rekreasib pelengkap.

Obyek yang menarik yang bersifat alami adalah pantai laut selatan yang indah dengan hamparan pasir yang bersih serta dihiasi gelombang laut yang tiada hentinya. Perahu-perahu nelayan tradisional yang nampak tersebar di malam hari.

grajagan0002Peturon adalah pantai tempat ne­layan menurunkan ikan hasil tangkapannya, yang ramai tiap hari. Disini wisata­wan bisa berbelanja ikan segar langsung pada para nelayan. Dari shelter di puncak bukit, nam­pak terbentang pemandangan laut bebas terpadu dengan salah satu kegiatan di bukit-bukit yang sangat indah.

Disamping itu pada kawasan Wanawisata ini terdapat 3 buah Goa buatan Jepang dimana pe­rahu-perahu yang tersebar di berbagai sudut pandang menambahkeasyikan tersendiri. Tidak kurang asyik lagi disini dapat pula berperahu sambil memancing di tengah keindahan alam dengan menyusuri pantai sampai di Plengkung yang terkenal dengan selancar airnya serta tentu saja Cagar Alam Alas Purwo yang tidak kalah menarik pula.

Disamping obyek wisata yang lain, Sukamade, Pancer, Rowo Bayu kurang lebih 65 km dari sini, dan Pulau Bali. Obyek terdapat berupa kegiatan ritual/budaya antara lain, Gandrung, Seblang, Hadrah, Barong, Jangger, Suroan serta Qiwa Ratri

Sarana penunjang keamanan dan kenyamanan Wisatawan, Sudah tersedia Pintu gerbang dengan ciri khas. Lapangan parkir yang luas, Gardu pandang, Jembatan gantung, MCK umum, Pondok Wisata dengan lO kamar, Kantin, tempat main-main anak-anak, sarana jalan aspal lebih kurang 1.400 m danjalan setapak 1.700 m serta Mushola, rumahjaga dan listrik.

Jenis Pepohonan Wanawisata Grajagan merupakan kawasan yang unik karena perpaduan wisata pantai dan hutan ini ditumbuhi:

–                      Jati (Tectona Grandis)

–                      Sonokeling(Dal- bergiaLatifolia)

–                      Fikus (Ficus Sop)

–                      Wa1ikukun (Shoutenia Ofodta)

–                      Lamtoro Gung (Leucaena Leucocephala)

–                      Randu Alam (Bombax Mallabarica) Bambu-Bambuan (Mabosa Sop) Ketangi, Bungur (Langerstrome Spesiosa).

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: MIMBAR JATIM, NOMOR 9, April – Mei 1996, hlm. 35

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Wana Wisata Grajagan, Kabupaten Banyuwangi

  1. Unique says:

    a good post..
    i like it😀
    Mau menikmati liburan dengan paket wisata unik dari Sumatera Barat, kunjungi kami di TOURS MINANGKABAU
    Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s