Klepon, Jajanan Tradisional Jawatimuran

klepon by riskyJajanan tradisional yang bernama klepon, rasanya gurih dan legit,  kelezatannya merupakan citarasa khas Jawatimuran yang. Rahasia kelezatan dan keunikan jajanan klepon terdapat pada isinya yang terbuat gula merah yang dicairkan lebih dulu serta parutan kelapa yang bertaburan pada bagian luarnya.

Jajanan klepon yang bentuknya yang bulat dan berwarna hijau muda, memang terasa sangat unik dan menggoda selera kuliner kita untuk mencicipinya. Teksturnya yang kenyal dan lembut membuat orang ingin terus menggigit dan menggitnya lagi.

Jajanan klepon ini sering disebut juga sebagai jajan pasar, masih banyak di jumpai di beberapa pasar tradisional di Jawa Timur. Di kota Surabaya yang bernuansa metropolispun jajanan ini masih bisa dijumpai di Pasar Blauran.

Jajanan tradisional klepon. Rasanya memang tak kalah bila dibandingkan dengan jajanan pasar lainnya. Kendati makanan cepat saji yang berada di beberapa pusat perbelanjaan modern dan mal-mal. Namun jajanan klepon masih mampu bertahan ditemukan baik di beberapa kota besar maupun kecil.

Jajanan klepon ini masih ada beberapa orang yang sengaja menjualnya, di Desa Bulang, Kecamatan Prambon Kota Sidoarjo jajan klepon bahkan sampai diproduksi sendiri hampir seluruh warga di sana banyak yang memproduksi sekaligus menjual klepon di beberapa daerah di kota Sidoarjo. Kebanyakan dari mereka berkeinginan jajanan tradisional ini tetap lestari. Jajanan klepon, sebaiknya dinikmati dalam keadaan masih hangat, sebab jajanan ini mudah basi

Jajanan klepon, kulit luar klepon berasal dari campuran adonan yang terbuat dari adukan tepung ketan dan tepung terigu serta santan kelapa, dengan air perasan daun pandan secukupnya. Tergantung dari komposisi tepung ketannya. Setelah diuleni adonan dibulatkan sebesar kelereng. Lalu, diisi cairan gula. Setelah itu dimasukkan dalam panci berisi air mendi dih. Tunggu sampai klepon mengapung, lalu diguling-gulingkan dalam parutan kelapa muda, Sedangkan untuk isi dalamnya gula merah yang dicairkan.=S1Whoto=

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Klepon, Jajanan Tradisional Jawatimuran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s