Ditemukan Goa Kristal, Kabupaten Nganjuk

Sudah lebih dari sepekan, warga di Kabupaten Ngan­juk, Jawa Timur, dihebohkan dengan penemuan goa alam di sebuah hutan di lereng Gunung Lengko. Warga heboh karena di da­lam goa tersebut terdapat banyak bebatuan yang berkilauan layaknya batu permata.

Tak hanya itu, jika dipukul batu-batu tersebut menghasilkan bunyi se­perti gamelan. Warga silih berganti terus berdatangan ke lereng Gunung Lengko di Desa Sambikerep, Kecama­tan Rejoso, Nganjuk.

Jika masuk ke dalam goa yang ber­ukuran sekira lima kali enam meter ini, pengunjung akan dibuat takjub dengan keindahan batu stalaktit dan stalaknit. Apalagi, bebatuan ini ber­kilauan layaknya batu permata.

Kepala Desa Sambikerep, Haryono mengatakan, goa terdiri dari dua ru­ang dan dua lorong. Namun belum ada warga yang berani memasuki lorong-lorong tersebut. Pasalnya, pe­ngunjung akan kesulitan bernapas saat memasuki lorong. Maklum, kan­dungan oksigen di dalamnya sangat rendah sehingga dibutuhkan alat bantu tabung oksigen.

Haryono menuturkan goa ini dite­mukan kali pertama oleh Nyamat (45), warga Desa Sambikerep, saat mencari batu-batu antik. Saat Nya­mat menggali, muncul suara dengung dari dalam tanah.

Setelah terus digali ternyata di ba­wah tanah tersebut terdapat goa. Pi­hak desa telah melaporkan temuan ini ke dinas dan instansi terkait agar di­tindaklanjuti.

Berdasarkan cerita sesepuh desa, tutur Haryono, goa ini diperkirakan bukan goa baru, namun goa lama yang sudah berusia ratusan tahun. Para sesepuh desa menyebutnya dengan nama Goa Harimau.

Konon dahulu banyak harimau di hutan Longko yang menjadikan goa itu sebagai rumah. Namun ka­rena faktor alam dan lokasinya yang sulit dijangkau, goa itu tak pernah dijamah hingga tertutup tanah dan menghilang.

Sejauh ini belum ada rencana dari pemerintah setempat untuk menjadi­kan goa tersebut sebagai objek wisa­ta. Goa yang baru ditemukan itu berada di tengah hutan yang masuk wilayah Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Tamanan di Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso, Nganjuk.

Goa yang ditemukan Nyamat itu cukup dalam, diperkirakan kedala­mannya hingga 20 meter dari permu-kaan tanah. Ruang di dalam goa juga cukup lebar, dan diperkirakan bisa menampung hingga 50 orang. Selain itu, goa tersebut memiliki lorong ber­cabang menuju ke berbagai arah. Sa­lah satu lorong yang berhasil ditelu­suri warga memiliki panjang hingga 100 meter dan itu pun belum sampai putus.

“Kemungkinan lorong tersebut masih panjang. Kami putuskan untuk menghentikan penelusuran karena kesulitan bernafas,” ucap Agus.

Nyamat ditemui terpisah menceri­takan penemuan goa yang banyak ditemukan batu ‘kristal’. Awalnya ia mengaku bermimpi bertemu dengan seorang perempuan yang membawa batu kristal dan ditempatkan di sebuah galian batu kapur yang digali olehnya di kawasan hutan tersebut.

“Setelah bangun tidur saya beru­saha menerjemahkan mimpi terse­but, dan ternyata itu galian yang sa­ya buat untuk mencari batu kapur,” katanya.

Pascamimpi, Nyamat semakin pe­nasaran, hingga ia terus menggali batu itu. Cangkul yang ia gunakan akhirnya menyentuh batu di dinding gua.

“Ketika batu itu saya ambil, ter­nyata di bawahnya ada lubang yang mengeluarkan angin cukup kencang. Saya terus lanjutkan penggalian, dan ternyata lubang itu pintu masuk ke dalam goa,” tandasnya. (an,tni)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  SUARA DESA, Edisi

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Ditemukan Goa Kristal, Kabupaten Nganjuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s