Pantai Teleng Ria (2), Kabupaten Pacitan

Pantai Teleng Ria Teluk Pacitan is beautiful beach. Pacitan merupakan kota yang kecil, namun keindahan pantai, goa, dan keindahan wisatanya sangat  menawan.

Pantai ini mempunyai pasir yang putih dan lembut, ombaknya yang tidak terlalu besar enak untuk dibuat main air dan berenang. Lokasi pantai Teleng Ria berada di teluk Pacitan. Hamparan pasir putih yang luas dan dikelilingi oleh dataran tinggi yang berwarna hijau sehingga menambah keindahan dari pantai ini.

Secara geografis, Kabupaten Pacitan terletak di pesisir pantai selatan Pulau Jawa dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah. Untuk mempermudah perjalanan menuju Kabupaten Pacitan, dapat berangkat dari Yogyakarta yang membutuhkan waktu lebih kurang 3 jam perjalanan.  Pantai Teleng Ria merupakan pantai yang berbentuk teluk atau menjorok ke darat. Pantai ini terletak di sebelah Gunung Kidul.

Kali pertama menginjakkan kaki di pantai yang berjarak 3 kilo meter dari pusat kota ini, kesejukan hawa pegunungan Kidul telah dapat di rasakan. Ketika berdiri di tepi pantai, deretan pegunungan kapur yang berada di sisi kanan-kiri pantai terlihat membentang kokoh. Hembusan angin pegunungan itulah yang membuat udara di sekitar pantai terasa sejuk, meskipun matahari di siang hari terlihat begitu terik.

Sejauh mata memandang, anda dapat melihat lautan lepas dengan ombaknya yang tampak bergelombang. Pantai Teleng Ria merupakan pantai Selatan yang berbatasan dengan Samudera Hindia. Ketika air laut pasang, ombak di pantai ini terlihat bergelombang. Bagi pecinta olahraga selancar, ombak air laut pasang itulah yang seringkali dinanti. Dengan gelombang air laut itu, mereka dapat merasakan tantangan berselancar selama sehari penuh.

Tertarik untuk mengelilingi tepian pantai, pengunjung dapat berjalan kaki atau naik kuda. Harga sewa satu ekor kuda untuk mengelilingi pantai berkisar Rp20 ribu per jam. Pengunjung juga bisa berlayar ke laut dengan menggunakan perahu motor atau perahu layar yang telah tersedia. Harga sewanya, berkisar Rp15 ribu per 30 menit untuk perahu layar dan Rp25 ribu per 30 menit untuk perahu motor.

Ketika musim liburan tiba, Pantai Teleng Ria ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Bahkan sebuah sumber online menuliskan, setiap pertengahan tahun, para peselancar dari Australia dan Swiss sengaja datang ke Pacitan untuk menikmati ombak di pantai ini. Jika berkunjung ke pantai ini sekitar bulan Juni hingga Agustus. Jika beruntung, dapat melihat sekelompok Ubur-ubur berwarna ungu yang sedang bermigrasi dari Samudera Hindia. (as)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Pro-Ikan:  Upaya Pengembangan Perikanan dan Kelautan Jawa Timur, Edisi 08 (2010), Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur. hlm. 34-35.

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Pantai Teleng Ria (2), Kabupaten Pacitan

  1. Pingback: lokasi pantai kondang merak | Info Wisata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s