Pantai Selatan Kabupaten Blitar

Pantai Selatan Kabupaten Blitar Indah Tanpa Polesan

Sepanjang terdapat tempat-tempat yang indah dengan pesona deburan ombak yang besar. Ada 3 pantai yang telah dapat dijangkau jalan beraspal dan sarana angkutan umum (MPU), salah satunya adalah Pantai Tambakrejo. Pantai ini terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, 45 km arah selatan Kota Blitar. Pantai ini telah dikembangkan sebagai objek wisata yang dilengkapi dengan sarana areal parkir kendaraan roda empat dan roda dua, gazebo, panggung hiburan, mainan anak-anak, musholla, kamar mandi, dan toilet.

Selain itu juga terdapat sebuah pesanggrahan (villa) milik Pemerintah Kabupaten Blitar yang berada di puncak bukit. Dari pesanggrahan ini dengan leluasa dapat menikmati pemandangan laut dan perkampungan di sekitarnya. Fasilitas yang ada di pesanggrahan adalah 7 buah kamar tidur, listrik PLN, air bersih, ruang tamu, dapur, garage, dan halaman parkir. Apabila ingin menggunakan pesanggrahan harus menghubungi Dinas Informasi Publik dan Pariwisata Kabupaten Blitar.

Di pantai terdapat pula kios penjualan ikan laut bakar dan ikan segar hasil tangkapan nelayan yang dapat dibeli langsung dari nelayan saat ke pantai antara pukul 08.00 hingga 10.00 dan sore hari antara pukul 15.00 dan 17.00.

Yang kedua adalah Pantai Serang. Pantai ini terletak di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, 45 km arah tenggara Kota Blitar. Pantai tersebut menyediakan beberapa fasilitas, antara lain gazebo di tengah hamparan pasir pantai, mainan anak-anak, dan kamar mandi.

Sedangkan yang ketiga adalah Pantai Jolosutro. Pantai ini terletak di Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, sekitar 50 km arah tenggara Kota Blitar. Wisatawan yang masuk dari arah Malang lebih dekat melalui pertigaan Brongkos, Kecamatan Kesamben ke arah selatan (belok kiri) yang berjarak sekitar 25 km.

Baik Jolosutro, Serang, maupun Tambakrejo, selain untuk dinikmati keindahannya, juga dapat digunakan untuk berpetualang menyusuri jalan pedesaan yang belum beraspal dengan menggunakan sepeda motor.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Blitar, Mutiara dari Selatan, hlm. 68- 69 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

4 Responses to Pantai Selatan Kabupaten Blitar

  1. irawan says:

    sayang tidak ada gambarnya

  2. ong ky says:

    apakah kelebihan pantai tambakrejo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s