Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek

Kabupaten Trenggalek menyimpan poteni objek dan daya tarik wisata. Salah satunya Pantai Prigi, Pada hari-hari tertentu diselenggarakan acara hiburan berupa musik dangdut atau penampilan kesenian tradisional Trenggalek, seperti Jaranan Senterewe dan Turonggo Yakso sebagai penunjang serta pendukung demi kelestarian objek wisata ini untuk mengurangi kejenuhan, juga dapat digunakan sebagai sarana memikat pengunjung agar datang kembali. Sehingga tercipta kawasan objek wisata yang bersifat ex situ, artinya, wisatawan tidak hanya menikmati keindahan alam, namun juga dapat menikmati hiburan lainnya.

Pantai Prigi terletak di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, sekitar 48 km arah selatan Kota Trenggalek. Pantai indah ini juga dikenal sebagai sentra perikanan dan salah satu pelabuhan penangkapan ikan terbesar di Indonesia. Dilengkapi pula bumi perkemahan plus sarana akomodasi. Penangkapan ikan ke laut oleh nelayan merupakan fokus utama atraksi yang menarik. Mereka menebarkan jala ketengah laut. Pagi hingga siang secara bersama-sama menarik jala ke tepi pantai. Wisatawan dapat menikmati panorama pantai sambil melihat nelayan menangkap ikan secara tradisional. Di Pantai Prigi wisatawan dapat menikmati berbagai jenis makanan laut dengan aneka ragam masakan. Mulai dari ikan tengiri, tongkol, cumi-cumi, hingga kepiting. Bisa juga menggunakan perahu untuk menyusuri keindahan pantai sambil me mancing.

Bila wisatawan berkunjung tepat pada waktunya bisa menikmati acara ritual tradisi. Setiap bulan Selo dalam penanggalan Jawa, kalangan nelayan Trenggalek menyelenggarakan upacara Larung Sembonyo di Pantai Prigi. Acara ritual ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME. Upacara dimulai dengan kirab hasil bumi yang dihias apik. Kirab berlangsung di sekitar kawasan pantai. Hasil bumi yang dikirab kemudian dilarung (dihanyutkan) ke tengah laut. Maksudnya agar para nelayan selalu mendapat perlindungan Tuhan, dan mendapatkan rezeki berlimpah. Tradisi Larung Semboyo itu juga dimaksudkan untuk menghormati pernikahan Raden Tumenggung Yudha Negara, seorang kepala prajurit Kerajaan Mataram yang berhasil membuka wilayah Prigi dengan jaminan menikahi Dewi Gambar Inten.

Sangat mudah menuju objek dan daya tarik wisata tersebut. Beberapa obyek wisata berada pada  satu jalur di wilayah Kecamatan Watulimo. Dapat dijangkau dengan angkutan umum bus biasa atau pun patas. Dari Surabaya naik bus turun di Terminal Durenan, Trenggalek (176 km). Kemudian dilanjutkan dengan kendaraan minibus Pantai Prigi sekitar 24 km.

Catatan: Sujarwo (Pustakawan)

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s