Pantai Pasir Putih, Kabupaten Situbondo

Lokasi Pantai Pasir Putih Situbondo mudah ditemukan, tepat di jalur utama dalam perjalanan antara Surabaya-Bali. Selintas tidak begitu istimewa, dengan pintu gerbang yang sederhana dan sederet kios cinderamata dan satu restoran. Deburan ombak di waktu laut surut tidak begitu terdengar. Hanya ada sejumlah perahu cadik dengan aneka layar.
Tapi ketika kita singgah ke sana dan menyewa perahu cadik untuk berlayar ke tengah laut, terlihat karang berwarna-warni, menampakkan keindahan alam di dasar laut. Setiap perahu dilengkapi kotak dengan kaca, yang jika diturunkan ke air, akan menampakkan karang lebih terang. Kabupaten Situbondo merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang letaknya berada di ujung timur Pulau Jawa bagian utara dengan posisi antara 7°35′ – 7°44′ Lintang Selatan dan 113°30′ – 114°42′ Bujur Timur.

Letak Kabupaten Situbondo di sebelah utara berbatasan dengan Selat Madura, sebelah timur  berbatasan dengan Selat Bali, sebelah selatan dengan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi serta sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo. Pantai Pasir Putih di Kabupaten Situbondo, tepatnya Kecamatan Bungatan, Jawa Timur, dikenal karena hamparan pasirnya yang putih. Keunikan pantai tersebut yaitu topografinya yang melengkung menghadap ke laut dengan latar belakang hutan membentuk gugusan panorama yang sangat indah. Ke arah utara, wisatawan dapat melihat luasnya laut utara Jawa dengan garis putih di pinggir pantai. Di belakangnya, rimbunan hutan menyajikan kesejukan tersendiri.

Karena letak yang strategis itulah yang membuat Pasir Putih sebagai salah satu tujuan wisata pantai andalan bagi Provinsi Jawa Timur. Terhampar di pinggiran jalan utama Surabaya-Banyuwangi membuat para wisatawan yang ingin menuju ke Bali (dari Surabaya), atau menuju Gunung Bromo (dari Banyuwangi), biasanya mampir untuk beristirahat dan menyaksikan keindahan panorama yang disuguhkan, terutama menikmati eloknya matahari terbenam (sunset).

Keistimewaan
Berbagai macam olahraga laut seperti berenang, menyelam, maupun berselancar dapat dilakukan di pantai ini. Jika enggan berenang, pengunjung dapat menaiki perahu untuk berlayar dan menikmati pemandangan bawah laut. Beragam hiburan seperti konser music dan bermacam lomba seperti lomba selancar, memancing, dan lomba perahu nelayan tradisional sering diadakan untuk memuaskan para wisatawan. Salah satu keunggulan utama Pantai Pasir Putih Situbondo ada pada taman laut, yang berbeda dengan pantai lain yang ada di Jawa Timur. Biasanya, taman laut berada pada kedalaman cukup dan perlu menyelam untuk baru bisa menikmati keindahannya. Namun, taman laut di pantai ini dapat mudah dilihat dari perahu, dan cukup menggunakan alat yang disediakan pihak pengelola pantai.

Ada yang mengatakan, Pantai Pasir Putih satu-satunya pantai di Pulau Jawa yang memiliki kekayaan alam sangat indah. Taman karang di dasar laut yang cukup indah dan memikat hati, dengan aneka bentuk dan warnanya. Di dalam laut Pasir Putih sendiri terdapat dua kategori terumbu karang. Yaitu berkategori lunak (soft coral), dan berkategori keras (coral). Selain itu, pada bulan Oktober nanti para nelayan biasanya mengadakan upacara Petik Laut, yaitu melarung makanan, jajanan, dan kepala lembu ke tengah laut sebagai upaya memohon berkah hasil laut dari Tuhan.

Pada upacara ini tak jarang diadakan pementasan musik Gandrung yaitu musik tradisional yang populer di daerah Banyuwangi dan sekitarnya. Akses Jalur menuju Pantai Pasir Putih terbilang mudah karena posisinya di pinggir jalan utama Surabaya-Banyuwangi. Arena wisata pantai ini berjarak ±174 km dari Surabaya atau sekitar 4 jam perjalanan menggunakan bus (angkutan umum) dari terminal Bungurasih, Surabaya. Dari arah Situbondo, Pasir Putih berjarak ±21 km atau setengah jam perjalanan dari Kota Situbondo. Dari Ibu Kota Kabupaten ini perjalanan menuju Pasir Putih dapat ditempuh dengan angkutan umum seperti  bus dan minibus.

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya
Untuk pengunjung yang belum mahir berenang, di sekitar lokasi pantai terdapat banyak penyewaan ban-pelampung untuk bermain-main di tengah laut. Wisatawan juga dapat menyewa perahu yang dilengkapi kata-kaca untuk menyaksikan pemandangan bawah laut. Selain berenang, para pengunjung juga dapat menikmati perahu wisata keliling pantai. Berwisata naik perahu ini pun banyak diminati para pengunjung, hanya dengan membayar Rp20 ribu hingga Rp25 ribu rupiah. Pengelola wisata juga menyediakan fasilitas kamar mandi, musholla, dan beberapa tempat untuk beristirahat berupa bangku beton yang biasanya dekat dengan para penjaja makanan.

Di tempat ini juga tersedia kios-kios yang menjual souvenir seperti replica perahu serta hiasan dan aksesoris dari kerang. Bagi yang ingin menginap, di sekitar lokasi terdapat penginapan berupa hotel, motel, dan losmen. Tetapi kalau ingin berkemah, ada juga area khusus untuk berkemah. Seperti pada musim libur lebaran, yang lalu, pantai Pasir Putih dipadati para wisatawan dalam liburan Wisatawan berdatangan dari daerah Situbondo maupun dari luar daerah. Kondisi tersebut membawa berkah tersendiri bagi pelaku jasa wisata pantai, khususnya pantai Pasir Putih.

Sebagai salah satu primadona tujuan wisata di Jawa Timur. Pantai Pasir Putih menjadi tujuan utama masyarakat sekitar. Selain karena ombaknya yang tenang, hingga para orangtua tak perlu khawatir bagi anak-anaknya yang berenang dan berwisata air di pantai ini, lokasinya juga strategis. Lokasi Pasir Putih ada di Jalur Pantura Situbondo, sehingga bagi para pengunjung dari luar daerah mudah untuk mencapai wisata pantai tersebut.

Meski demikian, sebagian pengunjung masih mengeluh soal penataan obyek wisata yang dinilai masih minim fasilitas terutama untuk bermain anak-anak. Diharapkan ke depan pihak pengelola bisa meningkatkan sejumlah fasilitas dikawasan pantai pasir putih, sehingga pengunjung yang hadir bisa lebih betah di kawasan wisata yang sangat terkenal di Jawa Timur tersebut.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Prasetya, Buletin Bulanan, Sumber Inspirasi Birokrasi, Volume III, No. 33, September 2011.

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Pantai Pasir Putih, Kabupaten Situbondo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s