Pantai Kucur Puger, Kabupaten Jember

 

Selain dikenal dengan sebutan kota suwar-suwir,

Jember juga dikenal sebagai salah satu tujuan wisata

pantai di Jatim. di daerah ini banyak terdapat pantai indah

seperti Watu Ulo, Paseban, Nusa Barong, dan

Pantai Kucur di Kecamatan Puger. Letaknya sekitar 36 km

barat laut Jember, tepatnya bersebelahan dengan

Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Puger.

Pantai seluas 2 (dua) hektare ini dinamakan Kucur karena ditengah-tengahnya terdapat petilasan bekas pertapaan Mbah Kucur, seorang prajurit yang tugasnya mengawal Pangeran Puger dari Kerajaan Mataram,” ujar penjaga pantai sekaligus juru Kunci Mbah Kucur, Soiran.

Nama kecamatan Puger, menu rut Pak Ran, sekitar abad ke 18 Pangeran Puger ditemani em pat pengawalnya yakni Senopati Mataram Suryo Joto, Mbah Pancer Jenggot, Mbah Sindu Pramo dan Mbah Kucur melakukan tapa di pantat barat laut Jember, sehingga dinamakan Puger. “Pangeran Puger mengakhiri tapanya dan kembali ke Mataram, tetapi pengawalnya tidak ikut melainkan menetap di Puger seperti Nusa Barong dan Kucur,” ujarnya.

Petilasan di ujung pantai selatan Jember ini menjadi salah satu tujuan wisata batin. Pada hari-hari Kamis dan malam Jumat banyak pengunjung. Tiap 15 Muharam larung sesaji petik laut.

Pantai ini selain pasirnya putih ombaknya tidak terlalu besar sehingga cocok sebagai tujuan wisata. Ada keunikan dari pantai ini, yakni bisa mengubah bentuk, jika air-Iaut pasang maka pantai bisa jadi pulau karena daratannya landai. Dari jauh warnanya hijau kebiru-biruan, karena Kucur selalu diselimuti tumbuh-tumbuhan pantai dan semak belukar yang rimbun. Sedangkan warna kebiruan, karena daun yang menutupi pantai terkena pantulan air laut yang dipancarkan sinar matahari.

Waktu pagi menjelang fajar menyingsing, pengunjung bisa menyaksikan terbitnya matahari atau sore saat sang surya kemerahan pelan-pelan tenggelam. Pada bulan purnama pesisir pantai bercadas ini nampak seperti bongkahan emas murni yang melingkar di tepi pulau.

Pesisir ini rimbun ditumbuhi berbagai jenis pohon dari tanaman atau flora khas pantai Tanaman yang ada di sekitar pantai ini adalah sejenis klampis laut, nyamplung, pohon sawo kecik, trembesi, mahoni, sawo gunung, gayam,’ wimbo, mindi, akasia, waru rangkang, kakau, ketapang, sengon laut, balsa sungkai, glodokan tiang, kruing, simpur, merawan (dellia sp) dan tanjung (shoepea).

Binatang yang masih ada di sekitar hutan kijang, menjangan, banteng, kura-kura, pelajar banyak-berkemah dan bisa belajar menyatu dengan alam. Siswa yang berwisata dapat belajar tentang kehidupan binatang yang hidup di alam bebas sambil menikmati segarnya udara pantai.

Jumlah pengunjung sekitar _ 2000 orang pad a hari biasa, pada hari libur dan hari raya idul Fitri lebih dari 20 ribu orang per hari. Pengelola Balai Konserfasi Sumber Daya Alam Jatim II tidak memungut biaya.

Pulang berwisata pengunjung bisa belanja terasi, petis dan ikan laut segar langsung dari nelayan yang sandar di Puger. Ada bermacam-macam ikan seperti tongkol berat sekitar dua kilo gram harganya Rp 25 ribu, ikan bandeng dua kilo gram Rp 20 ribu dan ikan pating sekitar Rp 20 ribu untuk tiga kilo gram. Selain itu juga dijual jenis ikan lainnya seperti ikan nus, rajungan, ikan layang, ikan cumicumi, kepiting, ikan pari, ikan layur dan ikan teri putih.

Untuk mencapai Kucur Puger, dari Surabaya cukup naik bus dari terminal Bungurasih jurusan Ambulu bisa turun di Kecong atau di Gumukmas dengan ongkos Rp 27 ribu per orang. Kemudian dilanjutkan naik mikro/et atau ojek ke Puger. Waktu yang ditempuh dari Surabaya ke Kucur Puger sekitar 5 hingga 6 jam. (Sunaryo/S)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: POTENSI JAWATIMUR,  EDISI 3, TAHUN IX/2009, hlm. 16

 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Pantai Kucur Puger, Kabupaten Jember

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s