Pantai Grajagan, Kabupaten Banyuwangi

Pantai Grajagan yang letaknya di sepanjang pantai selatan Banyuwangi cukup menjanjikan, keindahan alamnya yang tiada tara dikelilingi deretan gunung-gunung, perkebunan dan lautan yang terbentang luas dari hamparan Sarnudera Hindia. Gelombang ombaknya tak pernah henti seolah menghentak- hentakkan kaki seperti langkah yang hampiri dengan diiringi sernilir angin seolah membelai sukma yang tak pernah perhenti sepanjang waktu. Dan, panorama pantai di wanawisata ini bagaikan lukisan alam tanpa bingkai. Pesonanya, mernberikan kepuasan tersendiri bagi siapa saja yang menginjakkan kaki di areal wanawisata yang posisinya pada ketinggian 0-20 meter di atas permukaan laut (dpl). Para pengunjung yang datang pasti akan disambut dengan gemuruhnya ombak khas pantai laut selatan, suara ini bagaikan alunan yang mendendangkan orkestra alam sepanjang waktu.

Gulungan ombak pantai yang berada di kawasan hutan KPH Banyuwangi Selatan ini, tepatnya di BKPH Curahjati yang secara administratip terletak di Desa Grajakan Kecamatan Purwoharjo kabupaten banyuwangi ini kerap mengundang dan memacu adrenalin para pesurfing untuk menjajal kemampuan atau sekedar belajar. Memang tidaklah heran, bila Pantai Grajagan ini sering dijadikan tempat persinggahan para wisatawan lokal-maupun mancanegara sebelum mereka melanjutkan perjalanan menuju Pantai Plengkung, yang telah dikenal oleh dunia internasional sebagai temp at paling menantang untuk berselancar. Sebab, pantai Plengkung merupakan salah satu dari tiga obyek wisata segi tiga berlian (G-Land) di samping Kawah ljen dan Pantai Sukamade, yang menjadi obyek wisata andalan bagi Kabupaten paling timur pulau Jawa yaitu Banyuwangi.

Pantai Grajagan yang letak geografisnya berada sekitar 52 km ke arah selatan Kota Banyuwangi ini inemang sangat mempesona bagi siapa saja yang dating dan melihatrlya. Posisi paritainya yang sangat strategis ini layak menjadi pintu gerbang menuju ke Pantai Plengkung. Areal Grajagan yang terhampar dikawasan seluas 314 hektar, tepatnya di hutan KPH Banyuwangi Selatan, terletak di desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Pantainya yang luas dan diselimuti oleh pasir hitam ini, bisa dikatakan lengkap karena pantainya memiliki gua dan bukit yang sangat indah. Ketika kita berkunjung di tempat ini, maka mata kita langsung melihat hamparan pantai berpasir hitam ditambah dengan bukit yang menjulang tinggi, seakan melengkapi suasana dan keindahan alam yang tak pernah bosan untuk dinikmati siapa saja.

Siapa saja bisa datang kesana untuk melepaskan kepenatan dan kejenuhan karena beban kerja yang memporsir pikiran, duduk sambil menikmati suasana pantai dengan deburan ombak laut lepas dari atas shelter dan 3 gua peninggalan tentara Jepang pada masa Perang Dunia II serasa terbebas dari beban yang ada. Disekitar Pantai ini banyak terdapat  goa buatan yang letaknya cukup tinggi, sehingga kita dapat mengawasi seluruh kawasan yang memiliki keindahan Alamo di antaranya pantai Grajagan, Plengkung dan pantai lainnya yang letaknya di Taman Nasional Alas Purwo. Jadi, Pantai Grajagan sangat ideal menjadi temp at transit atau sebagai pintu gerbang untuk menuju ke pantai Plengkung. Dari Grajagan menuju ke Plengkung hanya dibutuhkan waktu sekitar dua jam dengan menyusuri pantai yang menggunakan perahu sewa dan jarak tempuhnya hampir sarna bila kita menggunakan mobil melalui jalan darat.

Fasilitas tersedia
Kawasan wisata di ujung selatan Banyuwangi ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kepuasan pengunjung, di antaranya ada pondok wisata, cottage, bungalow, warung makan, tempat bermain anak dan musholla. Untuk mencapai tempat ini, sangat, karena jalannya sudah beraspal sehingga mudah dilalui semua kendaraan. Mulai dari bus, mobil pribadi maupun kendaraan roda dua. Bila, kita kesana dengan mengambil rute dari arah Banyuwangi-Jember melewati Banyuwangi-Benculuk jaraknya sekitar 28 km, tetapi bila mengambil rute dari Beculuk Grajagan maka jaraknya lebig dekat yaitu sekitar 12 km.

Selain sebagai tempat wisata bagi anakanak atau keluarga, Grajagan juga dapat menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin melancong ke Taman Nasional Alas Purwo dengan menggunakan perahu. Sebab, kawasan seluas 314 hektar ini berada di hutan KPH Banyuwangi Selatan, tepatnya di petak 111 BKPH Curahjati atau secara administratif pemerintahan terletak di desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Wanawisata ini dikelola oleh Kesatuan Bisnis Mandiri-  Wisata, Benih dan Usaha lainnya (KBMWBU) Perum Perhutani Unit ll Jawa Timur di Wanawisata Grajagan. Selain itu, disini juga sudah tersedia fasilitas berupa penginapan.

Sehingga, bila pengunjung yang ingin bermalam untuk menikmati keheningan alam dengan paduan deburan ombak yang menggebu tidak perlu khawatir, karena di lokasi wisata ini tersedia penginapan dengan 10 kamar dan 2 rumah yang berbentuk bungalow dan menghadap kearah laut. Tarif yang dipatok juga sangat variartif dan terjangkau bagi siapa saja yaitu antara 100 ribu – 150 ribu/malam. Pelayanan yang diberikan di Wanawisata ini juga nonstop selama 24 jam. Tetapi wisatawan yang datang di tempat ini kebanyakan hanya wisatawan lokal, jadi jarang sekali turis bermalam di sini. Namun demikian, tempat ini tetap layak untuk dijadikan sebagai tempat transit bagi turis yang ingin ke TN Alas Purwo.

Setelah istirahat semalaman, maka pagi harinya anda langsung dapat menyaksikan aktifitas nelayan yang akan berangkat mencari ikan dan menurunkan ikan hasil tangkapannya. Sebagai oleh-oleh, belilah beberapa jenis ikan laut hasil tangkapan nelayan atau mengapa tidak memancingnya

secara langsung.

Aktivitas masyarakat
Wanawisata Grajagan banyak dikunjungi oleh wisatawan domestic maupun mancanegara terutama pada hari libur. Selain bisa menikmati keindahan pantai dengan paduan hutan, pengunjung dapat menyaksikan aktifitas nelayan pada pagi hari saat berangkat mencari dan menurunkan ikan hasil tangkapannya. Pemandangan yang tak kalah penrting yang dapat dinikmati pengunjung berupa deburan ombak laut lepas dari atas shelter dan tiga gua Jepang yang menghadap ke arah laut selatan, yang merupakan peninggalan tentara Jepang pada masa perang dunia kedua.

Untuk menuju lokasi ini tidak sulit karena jalan yang dilalui sudah beraspal dan dapat ditempuh dengan mobil pribadi atau kendaraan umum. Jika kita naik kendaraan umum dari arah Kota Banyuwangi menggunakan transporatasi bus jurusan Jember atau sebaliknya, turun di Benculuk. Dari Benculuk selanjutnya naik angkutan pedesaan dengan jarak tempuh sekitar 12 Km untuk menuju Grajagan.

Terobosan Pemkab
Untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan transportasi menuju Surabaya ataupun ke Denpasar, Pemkab Banyuwangi telah merespon dengan membangun lapangan terbang komersial di Blimbingsari. Tujuan dibangunnya lapangan terbang ini adalah untuk mempercepat arus transportasi, dari Banyuwangi menuju ke Surabaya ataupun ke Denpasar bila dengan kendaraan darat memakan waktu cukup lama.

Lapangan terbang komersial ini diresmikan dan untuk penerbangan komersial perdananya ditandai dengan pendaratan pertama pesawat yang mengangkut rombongan Gubemur Jatim, pada 29 Desember 2010 yang lalu. Penerbangan komersial ini dilakukan atas kerjasama Pemkab Banyuwangi dan Sky Aviation dengan sistem block seat, yakni Pemkab Banyuwangi dan Sky Aviation bersama-sama menanggung setengah dari jumlah penumpang pesawat. Pada tahap pertama, Sky Aviation akan mengoperasikan pesawat Grand Caravan, yang memiliki kapasitas penumpang sembilan orang.

Pesawat bermesin tunggal ini akan dioperasikan selama  satu bulan. Jika animo masyarakat meningkat, maka pad a Pebruari 2011, Sky Aviation akan mengoperasikan pesawat  Fokker ang memiliki kapasitas penumpang antara 40 -50 orang. Penerbangan dengan menggunakan pesawat, jarak tempuh Banyuwangi-Surabaya hanya sekitar 40-60 menit. Sedangkan dari Banyuwangi menuju Denpasar, Pesawat Grand Caravan hanya membutuhkan waktu tempuh antara 30-40 menit.

Prasetya, Volume III, No. 26,, Februari 2011, hlm. 33

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Pantai Grajagan, Kabupaten Banyuwangi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s