Pantai Dalegan, Kabupaten Gresik

Pantai Dalegan Menunggu Sentuhan

Pantai Dalegan? Mungkin belum banyak yang mendengar atau berkunjung kawasan yang menjadi bagian dari Kabupaten Gresik ini, keindahan pantai Delegan yang dibuka sejak 2005 itu tidak kalah, pasirnya halus.  Saat berwisata ke Wisata Bahari Lamongan (WBL). Saat melewati kawasan Pantai Utara (Pantura) tepatnya di sekitar hutan jati, akan terlihat rambu bertuliskan Pantai Dalegan 2 km. 

Pantai berpasir putih, ombaknya lembut sehingga aman untuk anak-anak, secara umum, Pantai Dalegan masih perawan, belum tersentuh tangan-tangan pengusaha pariwisata. Namun, warga desa sudah menatamenjadikan objek rekreasi itu dengan membuat gasebo, tempat duduk, hingga menyewakan ban.

Sugiantoro menyayangkan di pantai ini tidak ada tempat berteduh. Hanya ada warungwarung penjual makanan dan gubuk. Untungnya di sepanjang pantai sekitar 300 meter ini warga menyediakan aneka makanan, minuman, suvenir, hingga kamar mandi untuk bilas.

Pantai Dalegan kurang diminati karena tidak dikemas sebagai objek wisata yang bisa mendatangkan uang. Aparat Desa Dalegan baru membenahi pada 2005 dengan membuat dermaga sederhana yang menjorok ke laut. Karcis masuk kas desa, sebagian untuk mengembangkan pantai.

Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Gresik belum ikut menangani, namun warga desa justru khawatir, jika diambil alih pemda, biasanya uangnya tak banyak yang jatuh di desa. “Kami kembangkan pelan-peIan lah, sekarang sudah dikenal orang banyak, orang dari Surabaya, Malang, Tuban dan Lamongan mulai mengenal kawasan ini ,”  tutur kepala desa setempat bangga.

Menunggu Investor

Jika dikembangkan Pantai Dalegan berpotensi menjadi salah satu objek wisata unggulan,  campur tangan pemerintah setempat dalam mengembangkan kawasan ini sangat dibutuhkan. Jika hanya mengandalkan partisipasi warga, maka pengembangan akan berjalan lambat.

Pemda Gresik setidaknya dapat mempromosikan objek itu sehingga makin dikenal,  sehingga   mampu mendatangkan pengusaha wisata untuk membangun penginapan atau taman bermain anak. Jika pihak swasta sudah masuk, kawasan ini akan semakin berkembang.

Jika terus dipromosikan pasti dapat dijadikan objek wisata andalan seperti Pasir Putih Situbondo atau Tanjung Kodok Lamongan.

10 Januari 2008  Pantai Pasir Putih Dalegan resmi berganti nama Wisata Segoro Indah Dalegan (WISID), dibuka mulai pukul 07.00 sampai pukul17.00 setiap hari. Pada hari biasa pengunjung rata-rata mencapai 200 orang dan hari Minggu atau hari libur sekitar 500 orang.  Hajir/Z

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Pantai Dalegan, Kabupaten Gresik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s