Pantai Balekambang, Kabupaten Malang

PANTAI  BALE KAMBANG, DENGAN UPACARA TRADISIONALNYA

Kabupaten Malang, tidak hanya terkenal karena sebagai kota dingin maupun sebagai kota pelaj arnya. Namun lebih dari itu Kabupaten Malang terkenal juga karena kabupaten ini mempunyai banyak potensi wisata yang dimilikinya.

Potensi sector pariwisata, di kabupaten Malang memang Nampak cukup menonjol baik itu dari obyek wisata sejarah, keindahan panorama alam khususnya kawasan gunung Arjuna, wisata pantai selatan serta masih banyak potensi wisata lain yang melengkapi kota Malang dengan sebutan kota dingin.

Misalnya untuk potensi wisata pantai selatan, di Kabupaten memiliki sekitar empat obyek wisata pantai, yakni pantai Ngliyep, pantai Sendang Biru, pantai Modangan serta pantai Balekambang.

Sejumlah pantai selatanyang ada di Malang ini, potensi wisata pantai Balekambang nampaknya paling handal dan paling banyak dikunjungi wisatawan, lebih-lebih bertepatan dengan upacara tradisional Suran dan upacara agama Hindu ‘Jalanidhipuja’.

Keindahan alamnya pantai Balekambang sangat mempesona, pantainya mirip dengan tanah lot yang ada di pulau Bali. Jadi pantai Balekambang dapat dibilang pula sebagai tanah lotnya Jawa Timur.

Di pantai ini, setiappada tanggal 1 sura atau 1 Muharam senantiasa diadakan upacara tradisional ‘Suran’ disamping upacara agama Hindu ‘Jalanidhipuja’. Dan upacara-upacara semacam ini cukup menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi ditempat ini.

Upacara agama Hindu ‘Jalanidhipuja’ ini biasanya dilaksanakan bertepatan pada saat matahari bergeser ke utara meninggalkan khatulistiwa (kirakira 3 – 7 hari sebelum hari raya Nyepi) Upacara Jalanidhipuja diadakan di sebuah pulau kecil yang terletak tidak jauh dari pantai yang telah dihubungkan dengan jembatan kecil khas pantai Balekambang sehingga keberadaannya membedakan dari pantai selatan lainnya.

Wisata pantai Balekambang terletak sekitar 60 Km arah selatan dari Kota Malang. Untllk menuju lokasi pantai ini wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum dari terminal Gadang menuju Bantur terus ke pantai Balekambang dengan keluar ongkos sekitar Rp. 2.500, Dari Kota Malang ke wisata pantai Balekambang makan waktu hampir 2 jam. (Agus Dm)•

 ‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: MIMBAR JATIM, EDISI: 159 APRIL 1994, hlm. 22

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Pantai Balekambang, Kabupaten Malang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s