Pantai Teleng Ria (3), Kabupaten Pacitan

Ketika menginjak pantai yang satu ini, pertama kali pengunjung akan menyaksikan pemandangan air dan perbukitan yang begitu indah. Hembusan angin laut begitu kuat dan deburan ombak yang terkadang begitu · santLin, sesekali garang. Jika menyusun agenda berlibur, Pantai Teleng Ria di Pacitan ini sangat sayang dilewatkan. Pantaia yang berlokasi sekitar 3 km dari pusat kota Pacitan ini, merupakan lautan yang menjorok ke darat atau biasa disebut teluk. Pantainya diapit oleh dua dataran tinggi yang merupakan bagian dari pegunungari kapur Selatan yang membujur dari Gunung Kidul ke Trenggalek, menghadap Samudera Indonesia. Jika ingin berkunjung ke pantai itu, pengunjung hanya membutuhkan waktu 10 menit mencapai Pantai Teleng Ria dari Alun-alun Kabupaten Pacitan. Untuk masuk ke kawasan pantai ini, pengunjung harus membayar tiket Rp5000/ org dan Rp2000/kendaraan dan Rp.10.000,- untuk bis.

Memasuki kawasan pantai, tampak banyak warung yang menjual beraneka macam makanan maupun cindera mata.Selain itu terdapat puluhan penjual gorengan ikan, yang sangat nikmat dimakan sembari beIjalan di sepanjang pantai yang memiliki panjang sekitar 4 km.Untuk memanjakan pengunjung dari luar kota, di lokasi ini telah tersedia penginapan berupa cottage di sekitar pantai dengan harga yang relatif murah. Pasirnya yang terasa lembut, membuat pengunjung yang membawa anak-anak merasa aman membiarkan mereka bermain pasir laut. Salah satu pengunjung Pantai Teleng Ria, Eny bersama keluarganya dari Kediri menyatakan sangat menikmati indahnya pantai yang ,telah dibangun beberapa fasilitas untuk pengunjung tersebut. Ia bersama suami dan kedua anaknya, tengah berlibur akhir pekan.

Apalagi, saat itu sinar matahari tidak begitu terik karena tertutup awan. Kedua anaknya langsung bermain main pasir. Sebenarnya, pantai ini sudah masuk dalam pengelolaan swasta PT El John sejak tahun 2008. Sebelumnya pantai ini dikelola oleh pemkab setempat. Dalam dua tahun te,rakhir, Teleng Ria menunjukkan perkembangan pesat dengan dibangunnya surfing centre, area permainan anak-anak, taman anggrek, kolam renang, berbagai kegiatan mingguan dan fasilitas yang sedikit demi sedikit terus dibangun. Kerjasama yang dilakukan pengelola Pantai Teleng Ria ini berupa pemanfaatan lahan yang kontribusinya diberikan ke Pemkab Pacitan setiap awal tahun. Nilai kontribusi yang diberikan sekitar Rp500 juta yang dihitung kenaikannya pertahun ketiga bisa mencapaik 10-20 persen. Tapi semuanya harus dihitung dan direncanakan baik itu ada kenaikan atau penurunan, kata Operation Manager El John, Andri Hermansyah Ia juga menjelaskan, sampai saat ini akomodasi yang berada di daerah Pantai Teleng Ria diantara membangun homestay bagi para pengunjung. Perancangan pembangunan akomodasi yang lebih meluas akan dimulai tahun depan.

Selain itu, setiap minggunya di Teleng Ria diadakan eventevent dan hiburan. Sehingga, kegiatan ini bisa menarik ribuan pengujung. Pengunjung paling banyak saat libur sekolah dan libur-libur hari besar lainnya mencapai lebih dari 3000 pengunjung. “Kesadaran masyarakat sekitar untuk mengisi liburan di pantai ini sudah terlihat. Dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan jumlah pengunjung,” katanya. Warung dan para penjual makl;man di area Pantai Teleng Ria diorganisir secara teatur dan dibuatkan tenda-tenda bagi mereka yang ingin berdagang di area ini. Hal ini ditujukan agar perawatan dan ketertiban di Teleng Ria tetap terjaga. Fasilitas lainnya adalah surfing centre, permainan anak seperti bianglala, kolam renang, volly dan kid’s zoo untuk semakin menarik minat para pengunjung. “Land Board SUIT juga telah kami sediakan. Namun, untuksurfing nantiJ;lya juga melihat kondisi pantainya dan alamnya. Tapi untuk pemula cukup bagus jika melakukannya disini,” katanya. Sekadar diketahui, Kabupaten Pacitan terietak di Pantai Selatan Pulau Jawa dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah, sehingga untuk mencapai Pantai Teleng Ria akan lebih cepat jika melalui Yogyakarta. Hanya butuh waktu tiga jam perjalanan dari sana. Akses jalan dari Yogyakarta menuju Pacitan pun lumayan cukup baikmeski ruasjalannya tid;1k terlalu lebar. Lain halnya jika awal keberangkat melalui Surabaya, paling tidak memakan perjalanan yang cukup lama, sekitar 10 jam rac

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:   Bhirawa. Mata Rakyat Mitra Birokrat, Senen Kliwon, 24 Oktoberber 2011. hlm. 11

About these ads

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Pantai Teleng Ria (3), Kabupaten Pacitan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s